-->

Jenis-Jenis Puskesmas Berdasarkan Departemen Kesehatan



Jenis - Jenis Puskesmas - Terdapat dua jenis puskesmas berdasarkan Departemen Kesehatan RI (2001) yaitu puskesmas perawatan dan puskesmas nonperawatan.


a. Puskesmas Perawatan (Rawat Inap)

Dalam rangka menyebarkan layanan kesehatan, Provinsi Jawa Timur berupaya menyebarkan fungsi layanan puskesmas yakni puskesmas non perawatan dan puskesmas perawatan (rawat inap). Menurut Setiawan (2012) upaya Provinsi Jawa Timur tersebut bertujuan untuk meningkatkan terusan masyarakat dalam perawatan dan pengobatan. Puskesmas rawat inap didefinisikan pula sebagai puskesmas yang dilengkapi ruangan komplemen dan kemudahan untuk menyelamatkan pasien gawat darurat dan tindakan yang diberikan yakni tindakan operatif terbatas dan rawat inap sementara (Effendi, 2009). Rawat inap pasien dilakukan paling sedikit 24 jam perawatan.

Puskesmas Perawatan yakni Puskesmas yang berdasarkan Surat Keputusan Bupati atau Walikota menjalankan fungsi perawatan dan untuk menjalankan fungsinya diberikan komplemen ruangan dan kemudahan rawat inap yang sekaligus merupakan sentra acuan antara (Departemen Kesehatan RI, 2007).

Puskesmas perawatan (rawat inap) berfungsi sebagai sentra acuan pasien yang gawat darurat sebelum dibawa ke rumah sakit. Tindakan operatif terbatas menyerupai kecelakaan kemudian lintas, persalinan dengan penyulit dan penyakit lain yang bersifat gawat darurat. Puskesmas perawatan sebagai puskesmas rawat inap tingkat pertama memperlihatkan pelayanan kesehatan yang mencakup observasi, diagnosa, pengobatan, rehabilitasi medik dengan tinggal di ruang rawat inap puskesmas (Kepmenkes nomor 28/MENKES/SK/IX/2008).

b. Puskesmas Non Perawatan

Jenis Puskesmas non perawatan hanya melaksanakan pelayanan kesehatan rawat jalan (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Telkom, 2012). Permenkes No.029 tahun 2010 menyebutkan acara di pelayanan kesehatan rawat jalan yakni observasi, diagnosis, pengobatan, dan atau pelayanan kesehatan lainnya tanpa dirawat inap.

0 Response to "Jenis-Jenis Puskesmas Berdasarkan Departemen Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel