-->

Pengertian Sistem Berdasarkan Para Ahli


Pengertian Sistem Menurut Para Ahli - Suatu sistem sanggup didefinisikan sebagai kumpulan sumber daya yang berafiliasi untuk mencapai tujuan tertentu (Bodnar dan Hopwood, 2000: 1). Dalam pengertian lain, sistem berdasarkan Romney (2003: 2), dikemukakan bahwa:

“a system is asset of two or more interrelated components that interact to achieve a goal “

Definisi sistem berdasarkan Mulyadi (2001), sistem intinya ialah sekelompok unsur yang akrab dan berafiliasi satu dengan yang lainnya, yang berfungsi tolong-menolong untuk mencapai tujuan tertentu. Kemudian Mulyadi (2001) kembali merinci lebih lanjut pengertian umum mengenai sistem tersebut yang terbagi dalam empat hal, antara lain:
     Suatu sistem sanggup didefinisikan sebagai kumpulan sumber daya yang berafiliasi untuk menc Pengertian Sistem Menurut Para Ahli
  1. Setiap sistem terdiri dari unsur-unsur; unsur-unsur suatu sistem terdiri dari subsistem yang lebih kecil, yang terdiri pula dari kelompok unsur yang membentuk subsistem tersebut.
  2. Unsur-unsur tersebut merupakan bab terpadu dari sistem yang bersangkutan. Unsur-unsur sistem berafiliasi akrab satu dengan lainnya dan sifat serta kolaborasi antara unsur sistem tersebut mempunyai bentuk tertentu.
  3. Unsur sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem; Setiap sistem mempunyai tujuan tertentu dimana untuk mewujudkan tujuan tersebut diharapkan suatu proses tertentu dan kolaborasi antara satu dengan yang lainnya.
  4. Suatu sistem merupakan bab dari sistem yang lain yang lebih besar.
Pengertian sistem berdasarkan Winarno (2006) ialah sekumpulan komponen yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, hampir sama dengan pengertian sistem berdasarkan Romney (2003). Masing-masing komponen tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, antara lain:
  • Input berfungsi untuk mendapatkan masukan dari luar sistem.
  • Proses berfungsi untuk mengubah input menjadi output.
  • Output berfungsi untuk mengirimkan hasil olahan kepada pihak di luar sistem.
  • Kontrol berfungsi untuk mengendalikan komponen lain semoga berfungsi ibarat yang diharapkan.
  • Batas sistem berfungsi untuk memisahkan sistem dengan lingkungannya atau dengan sistem lainnya.
  • Sistem juga mempunyai tujuan lain yang hendak dicapai.
Menurut Leitch dan Davis sistem didefinisikan sebagai suatu kumpulan dari elemen-elemen (orang, perangkat keras, isu dan lain-lain) diorganisasikan untuk mencapai tujuan tertentu (Jogiyanto, 2001). Selanjutnya pada acuan yang sama diungkapkan pula beberapa karakteristik dalam suatu sistem ialah sebagai berikut:
  • Komponen-komponen sistem.
  • Mempunyai batasan sistem.
  • Mempunyai lingkungan luar sistem.
  • Adanya penghubung sistem.
  • Adanya masukan (input) sistem.
  • Adanya keluaran (output) sistem.
  • Pengolahan sistem (process), dan target sistem lain.
Dari sejumlah pengertian sistem berdasarkan para ahli tersebut, sanggup disimpulkan bahwa sistem merupakan serangkaian unsur-unsur yang saling berkaitan dan bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam sistem itu sendiri terdapat subsistem yang menjalankan tugas lebih khusus ketimbang tugas sistemnya, untuk bekerjasama mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu.

0 Response to "Pengertian Sistem Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel