-->

Persiapan Presentasi Bisnis

 keberhasilan sanggup diraih apabila persiapan dilakukan dengan baik Persiapan Presentasi Bisnis
Setelah memahami pengertian dan tujuan presentasi bisnis, tahap selanjutnya ialah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan presentasi bisnis. Dalam bidang apapun, keberhasilan sanggup diraih apabila persiapan dilakukan dengan baik.
Begitu halnya dengan presentasi bisnis, presentasi bisnis yang baik hanya akan sanggup dicapai bila persiapan untuk melaksanakan presentasi tersebut dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Persiapan yang diharapkan untuk presentasi bisnis meliputi beberapa hal (Djoko Purwanto, 2006) antara lain:

1. Penguasaan topik atau bahan yang akan dipresentasikan
 

Penguasaan terhadap bahan yang akan dipresentasikan merupakan salah satu syarat penting biar apa yang ingin disampaikan kepada audiens sanggup mencapai sasaran. Ketidaksiapan terhadap bahan yang akan dipresentasikan bukan saja meng­hambat penyampaian pesan kepada audiens, tetapi juga akan menawarkan gambaran (image) yang kurang baik bagi pembicara yang bersangkutan. Oleh sebab itu, kuasailah bahan tersebut dengan baik sebelum melaksanakan presentasi di hadapan audiens.

2. Penguasaan banyak sekali alat bantu presentasi dengan baik

Di samping penguasaan bahan yang baik, yang juga penting ialah bagaimana seorang pembicara bisa memanfaatkan banyak sekali alat bantu presentasi bisnis demi pencapaian tujuan yang dikehendaki.

Berbagai alat bantu presentasi bisnis yang sanggup dipakai antara lain: whiteboard, spidol, overhead projector (OHP), transparansi, slide, komputer, bagan, flip chart, kamera video, tape, televisi, clan LCD Projector.

3. Menganalisis Audiens

Agar tujuan presentasi bisnis sanggup tercapai dengan baik, seorang pembicara perlu mengenal siapa bersama-sama yang menjadi audiens. Melalui pendekatan bertanya dengan memakai kata tanya seperti: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana, seorang pembicara akan sanggup mengidentifikasi siapa bersama-sama audiens yang dimaksud sehingga sanggup melaksanakan banyak sekali persiapan antisipatif.

4. Menganalisis Lingkungan Lokasi atau Tempat untuk Presentasi

Agar presentasi bisnis yang dilakukan tersebut sanggup mencapai tujuan, seorang pembicara perlu mengenal lebih akrab lingkungan lokasi atau daerah is akan melaksanakan presentasi bisnis.

Pemahaman terhadap lingkungan atau suasana lokasi untuk presentasi bisnis tersebut akan menawarkan akomodasi kepada seorang pembicara dalam mengatur alat bantu presentasi yang sesuai dengan suasana lokasi tersebut. Misalnya, apakah lokasi yang dipakai untuk presentasi mempunyai ruang yang cukup lugs, bagaimana tata letak ruangan, bentuk meja dan daerah duduk untuk audiens, dan lain-lain.

Itulah beberapa persiapan presentasi bisnis yang perlu diketahui biar presentasi berjalan lancar dan sukses. Aspek lain yang perlu untuk diketahui ialah mengenal dan memahami alat bantu presentasi bisnis. 


0 Response to "Persiapan Presentasi Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel