-->

Tujuan Dan Manfaat Komunikasi Bisnis


Tujuan dan manfaat komunikasi bisnis akan diuraikan dalam goresan pena ini. Seperti telah dikemukakan dalam pengertian komunikasi bisnis berdasarkan para ahli, komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang diterapkan pada dunia bisnis semenjak didirikannya bisnis itu hingga perkembangannya yang meliputi segala permasalahannya.

Komunikasi bisnis juga memungkinkan interaksi antara perusahaan dengan pihak atau forum lain. Salah satu implementasinya ialah komunikasi pemasaran (Pahami lebih jauh: Pengertian Komunikasi Pemasaran)

Tujuan Komunikasi Bisnis sanggup dibagi menjadi tiga yaitu :

1. Informing (menginformasikan)

Dalam hal ini menawarkan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi pihak lain, contohnya seorang pemimpin perusahaan ingin mendapat pegawai atau karyawan yang diharapkan, maka ia memasang iklan melalui media massa, memakai websitus atau media umum via internet. Tiap-tiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat dari jangkauan dan biayanya, untuk itu harus menentukan media mana yang akan dipilih sesuai kebijakan perusahaan dan kemampuan internal perusahaan tersebut.

2. Persuading (melakukan persuasi)

Tujuan komunikasi bisnis yang kedua ialah melaksanakan atau menawarkan persuasi kepada pihak lain semoga yang disampaikan sanggup dipahami dengan baik dan benar, hal ini sering dilakukan terutama yang berafiliasi dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan atau negoisasi, semoga masing-masing pihak mendapat manfaat secara tanpa ada yang dirugikan.

3. Collaborating (berkolaborasi)

Tujuan komunikasi bisnis yang ketiga ini ialah melaksanakan kerja sama atau kerja sama bisnis dengan orang lain. Dengan terciptanya jalinan komunikasi bisnis tersebut kerja sama bisnis sanggup dengan gampang dilakukan. Pesatnya kemajuan teknologi komunikasi ketika ini, tiap orang sanggup memakai banyak sekali media telekomunikasi menyerupai telpon, faksimile, internet, e-mail, dan teleconference. Teknologi komunikasi tersebut amat penting untuk mempererat kerja sama bisnis.

Selain itu, tujuan komunikasi bisnis sanggup dibagi menjadi tujuan umum dan tujuan khusus:
  1. Tujuan umum komunikasi bisnis yakni mendukung tujuan bisnis semoga lebih efektif dan efisien dalam rangka memperbaiki pengelolaan bisnis.
  2. Tujuan khusus komunikasi bisnis yakni membuat interaksi atau relasi dalam perusahaan, relasi antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan forum pemerintah, sesama dunia usaha, serta dengan lingkungan sehingga tercipta relasi serasi yang akan makin meningkatnya pertumbuhan bisnis.
Sementara itu, manfaat komunikasi bisnis sanggup dibagi menjadi dua yakni manfaat eksternal dan internal.
  1. Manfaat eksternal. Manfaat komunikasi bisnis dengan pihak ketiga yang efektif berdampak kasatmata bagi keberhasilan bisnis dan upaya membangun gambaran perusahaan di mata masyarakat. Misalnya: laporan, brosur dan presentasi bisnis yang disusun secara profesional sanggup meningkatkan gambaran perusahaan. Sedangkan komunikasi bisnis yang tidak efektif menurunkan gambaran perusahaan, jam kerja yang terbuang dan menjauhkan pelanggan.
  2. Manfaat Internal. Secara internal, kemampuan berkomunikasi secara efektif menunjang karir direktur perusahaan. Oleh alasannya ialah itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan dalam mempromosikan suatu jenjang karir direktur semoga komunikasi sanggup efektif yakni:
  • Kemampuan administrasi
  • Memiliki ambisi untuk maju
  • Kepercayaan diri
  • Kemampuan bekerja keras
  • Kemampuan mengambil keputusan yang sempurna
  • Latar belakang akademis
  • Kemampuan berkomunikasi efektif
  • Berpenampilan menarik
Demikian uraian tujuan dan manfaat komunikasi bisnis. Setiap perusahaan atau forum bisnis sanggup merumuskan tujuan untuk setiap komunikasi bisnis yang dibangun. Penjelasan diatas dalam implementasinya tentu harus diadaptasi dengan bidang atau lingkungan bisnis perusahaan yang bersangkutan. Sejumlah makalah ihwal komunikasi bisnis sanggup ditemukan di blog ini.

0 Response to "Tujuan Dan Manfaat Komunikasi Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel