-->

Pengertian Kala Globalisasi Dan Dampaknya


Pengertian kurun globalisasi sanggup dijelaskan dari dua kata yang membangunnya yakni kata “era” dan “globalisasi”. Era berarti zaman atau kurun waktu, sementara globalisasi berarti proses mengglobal atau mendunia. Dengan demikian kurun globalisasi berarti zaman yang di dalamnya terjadi proses mendunia.
Proses populer diseluruh dunia ini yang terjadi semenjak tahun 1980-an itu terjadi di banyak sekali bidang atau aspek kehidupan manusia, contohnya di bidang politik, sosial, ekonomi, agama, dan terutama sekali globalisasi di bidang teknologi.

Proses populer diseluruh dunia tersebut di atas, secara kasatmata sanggup dijelaskan sebagai berikut. Perkembangan budaya insan remaja ini telah mencapai taraf yang luar biasa, yang di dalamnya insan bergerak menuju ke arah terwujudnya satu masyarakat insan yang meliputi seluruh dunia; satu masyarakat global. Dengan teknologi transportasi dan komunikasi serba canggih yang berhasil diciptakannya, insan telah berhasil mengatasi jarak yang dahulu misahkan insan yang satu dari yang lain, suku bangsa yang satu dari yang lain, bangsa yang satu dari yang lain, budaya dan agama yang satu dari yang lain. Berkembangnya teknologi transportasi dan komunikasi menyebabkan jarak antar kota, antar pulau, antar negara, dan antar benua seolah tidak ada lagi. Di zaman ini, insan dengan mudahnya berkomunikasi satu sama lain di seluruh penjuru dunia dengan memanfaatkan satelit-satelit yang berada di atas Indian Ocean Region, Pacific Ocean Region, dan Atlantic Ocean Region. Dengan kata lain, berkembangnya teknologi transportasi dan komunikasi, dunia seolah semakin sempit, ruang dan waktu menjadi semakin relatif, dan batas-batas negara seakan begitu gampang untuk diterobos.

Pengertian kurun globalisasi sebagai kurun waktu yang di dalamnya terjadi proses populer diseluruh dunia secara nyata menyebabkan apa yang ada di Jakarta ada pula di New York; apa yang dibisikkan di Jakarta terdengar pula di New York dan sebaliknya. Contoh konkretnya: “Jeans” ada baik di New York maupun Jakarta. Fenomena ini sebetulnya hendak berkata bahwa teknologi transportasi dan teknologi komunikasi yang semakin canggih bisa menghubungkan umat insan di seluruh bagian dunia, sehingga terciptalah satu kehidupan bersama; satu masyarakat, yang meliputi seluruh umat insan dengan sejarah kehidupan bersama, sejarah umat manusia.

Dampak Era Globalisasi

Era globalisasi sanggup membawa pengaruh baik positif maupun negatif. Dampak Positif yang terjadi diantaranya:
  • Hanya dengan satu medium saja berjuta-juta insan sanggup menyaksikan pertandingan yang bergengsi lewat layar televisi.
  • Era globalisasi telah membawa pengaruh terciptanya satu masyarakat yang meliputi seluruh umat manusia.
  • Era globalisasi sanggup memungkinkan terjadinya perubahan besar pada teladan hidup manusia, contohnya pada cara kerja manusia: insan akan semakin aktif dalam memanfaatkan, menanam, dan memperdalam kapasitas individunya insan semakin ingin menampilkan nilai-nilai manusiawi dan jati diri budayanya.
Dampak negatif dari kurun globalisasi diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Merembesnya budaya dari negara maju (sebagai pemasok informasi) ke negara berkembang. Perembesan budaya tersebut tidak tidak mungkin sanggup berdampak pada ketergantungan budaya negara berkembang terhadap negara maju.
  • Globalisasi isu itu sendiri sanggup menyebabkan pelecehan seksual dan imperialisme budaya negara maju atas negara berkembang (dalam hal ini negara yang lebih lamban dalam perkembangan modernisasinya).
  • Walaupun globalisasi tidak bisa eksklusif diidentikkan dengan westernisasi namun globalisasi sesungguhnya mungkin sanggup menyebabkan terjadinya masyarakat yang individualistis dan tidak religius.
Demikian secara singkat uraian ihwal pengertian kurun globalisasi dan dampaknya. Untuk memperdalam pemahaman ihwal hal ini baca juga pengertian globalisasi berdasarkan para ahli

0 Response to "Pengertian Kala Globalisasi Dan Dampaknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel