-->

Pengertian Komunikasi Pemasaran Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para AhliMenjelaskan pengertian komunikasi pemasaran sanggup diuraikan melalui relasi antara komunikasi dan pemasaran, alasannya ialah komunikasi pemasaran (marketing communication) ialah penggabungan dua kajian yaitu komunikasi (communication) dan pemasaran (marketing).

Secara umum, komunikasi pemasaran ialah acara pemasaran dengan memanfaatkan teknik-teknik komunikasi yang ditujukan untuk mengatakan warta bagi orang banyak dengan keinginan tercapainya tujuan perusahaan yakni peningkatan pendapatan (laba).

Philip Kotler (2001) mendefinisikan pemasaran sebagai suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, serta diatribusi sejumlah barang dan jasa, untuk membuat pertukaran yang bisa memuaskan tujuan individu dan organisasi. Sedangkan komunikasi telah dijelaskan dalam pengertian komunikasi berdasarkan para ahli.

Untuk memperdalam pemahaman pengertian komunikasi pemasaran, berikut ini kau kemukakan beberapa pendapat para andal bekerjasama dengan definisi komunikasi pemasaran:
  • Terence A. Shimp (2003: 4) mengemukakan bahwa komunikasi pemasaran atau marketing communication ialah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran.
  • Sutisna dalam Amir Purba, dkk (2006: 126 - 127) mengemukakan bahwa komunikasi pemasaran merupakan perjuangan untuk meyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen saran mengenai perbedaaan produk di pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan rangkaian acara untuk mewujudkan suatu produk, jasa, ide, dengan memakai bauran pemasaran (marketing mix) yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), relasi masyarakat dan publisitas (public relation and publicity) serta pemasaran pribadi (direct marketing).
  • William G. Nickles dalam buku Amir Purba,dkk (2006: 126) mendefiniskan komunikasi pemasaran sebagai proses pertukaran warta yang dilakukan secara persuasif sehingga proses pemasaran sanggup berjalan efektif dan efisien.
  • Komunikasi pemasaran merupakan bentuk komunikasi yang ditujukan untuk memperkuat taktik pemasaran guna meraih segmentasi yang luas (Soemanagara, 2006: 4- 5 ).
  • Beberapa literatur menyamakan arti istilah promosi dengan komunikasi pemasaran. Crosier menjelaskan bahwa istilah tersebut disamaartikan lantaran terdapat konteks pengertian yang sama dalam memahami untuk konteks pijakan 4P atau Product, Price, Place, dan Promotion (Prisgunanto, 2006: 9).
Dapat dikemukakan bahwa pemasaran memfasilitasi proses pertukaran dan pengembangan relasi dengan konsumen dengan cara mengamati secara cermat kebutuhan dan keinginan konsumen yang dilanjutkan dengan membuatkan suatu produk (product) yang memuaskan kebutuhan konsumen dan memperlihatkan produk tersebut pada harga (price) tertentu serta mendistribusikannya biar tersedia di tempat-tempat (place) yang menjadi pasar produk yang bersangkutan. Untuk itu perlu dilaksanakan promosi (promotion) atau komunikasi guna membuat kesadaran dan ketertarikan konsumen kepada produk bersangkutan. Proses ini disebut bauran pemasaran (marketing mix) atau disingkat 4 P (Morissan, 2010: 5). 

(Baca pula: aspek yang sangat berkaitan dengan bahasan ini yakni pengertian e-marketing dan manfaatnya)

Sejumlah andal menempatkan komunikasi pemasaran dibawah periklanan dan promosi, namun ketika ini, komunikasi pemasaran muncul sebagai suatu bentuk komunikasi yang lebih kompleks dan berbeda. Sehingga, banyak akademisi dan juga praktisi mendefinisikan pemasaran yaitu semua elemen promosi dari marketing mix yang melibatkan komunikasi antar organisasi dan sasaran khalayak pada segala bentuknya yang ditujukan untuk meningkatkan performa pemasaran (Prisgunanto, 2006: 8).

Demikian pengertian komunikasi pemasaran berdasarkan para andal dan klarifikasi terkait. Baca juga pengertian komunikasi bisnis berdasarkan para ahli lantaran komunikasi pemasaran menjadi bab yang tidak sanggup dipisahkan dengan komunikasi bisnis. 

0 Response to "Pengertian Komunikasi Pemasaran Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel