-->

APAKAH HARGA DAN BIAYA PERUSAHAAN KOMPETITIF DENGAN PESAING UTAMA, DAN APAKAH MEMPUNYAI DAYA TARIK BAGI PELANGGAN?



Rantai nilai perusahaan mengidentifikasi kegiatan utama yang menciptakan nilaipelanggan dan terkait dengan kegiatan penunjang. Tujuan utama analisi rantai nilai adalah untuk memfasilitasi perbandingan, aktivitas-aktivitas, bagaiman efektif danefisien sebuah perusahaan menunjukkan nilai kepada pelanggan, relatif terhadap pesaingnya. Ada kekerabatan dekat antara kegiatan penciptaan nilai bahwa kegiatan perusahaan dan sumber daya dan kemampuan. Ada juga kekerabatan dinamis antara kegiatan perusahaan dan sumber daya dan kemampuan. Kegiatan penciptaan nilai lebih dari sekedar perwujudan dari sumber daya atau kemampuan potensi itu. 

Kondisi perusahaan yang tidak efisien dapat menjadikan biaya perusahaan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pesaing hal ini menjadikan kerawanan pada perusahaan yang bersangkutan sebab memperlemah daya saingnya. Maka biaya perusahaan harus diupayakan kompetitif dibandingkan dengan para pesaingnya. Disparitas biaya dapat terjadi mulai dari hal –hal yang kecil hingga yang signifikan diantaranya :
a.              Biaya materi baku, suku cadang dan energy
b.             Usia pabrik dan peralatan serta basic technology yang digunakan
c.              Biaya produksi, marketing, penjualan dan promosi

Dalam melaksanakan efisiensi perusahaan, tidak boleh dikorbankan mutu produk atau jasa, sebab hal itu akan besar lengan berkuasa negatif terhadap kepuasan konsumen. Demikian pula efisiensi biaya perusahaan tidak boleh dilakukan dengan memangkas anggaran R&D secara signifikan sebab hal itu akan menjadikan perusahaan kehilangan prospek penjualan di masa depan.

Pilihan Strategis untuk Memperbaiki kelemahan Biaya atau Nilai Kerugian ; Hasil analisis rantai nilai dan benchmarking dapat mengungkapkan biaya atau nilai kerugian relatif terhadap tentangan utama. Informasi tersebut sangat penting dalam menyusun langkah strategis untuk menghilangkan kelemahan tersebut dan meningkatkan profitabilitas. Sumber- sumber Informasi Benchmarking :
a.              Laporan, aliansi perdagangan, analisis dan pelanggan
b.             Kunjungan ke perusahaan ( benchmark )
c.              Data dari perusahaan konsultan

0 Response to "APAKAH HARGA DAN BIAYA PERUSAHAAN KOMPETITIF DENGAN PESAING UTAMA, DAN APAKAH MEMPUNYAI DAYA TARIK BAGI PELANGGAN?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel