-->

Pengambilalihan Perusahaan (Friendly versus Hostile Takeover)



Merjer biasanya dimulai oleh perusahaan yang akan mengambil alih perusahaan lain bukan oleh perusahaan yang akan diambil alih. Perusahaan yang akan mengambil alih harus mengambil keputusan untuk membeli perusahaan lain, memilih seni administrasi untuk melaksanakan merjer, menentukan harga tertinggi yang akan dibayarkan, menentukan harga penawaran lama, dan melaksanakan komunikasi dengan perusahaan target. Apabila perusahaan yang menjadi target pengambilalihan mendapatkan dengan baik anjuran pengambilalihan maka proses merjer dikatakan dekat (friendly)

Tidak Seluruh Proses Pengambilalihan Terjadi secara Bersahabat

Manajemen perusahaan yang menjadi target akan menolak dan perusahaan yang akan melaksanakan pengambilalihan harus memutuskan apakah akan tetap meneruskan proses merjer dan menentukan seni administrasi yang akan digunakan.

Dalam menghadapi keenganan administrasi perusahaan target, perusahaan akan membeli saham perusahaan target secara belakang layar yang dikenal dengan istilah toehold.

Perusahaan kemudian melaksanakan tender offer (tawaran secara eksklusif kepada pemegang saham perusahaan target untuk membeli saham mereka dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga pasar yang berlaku).

Selain tender offer, perusahaan dapat terus membeli saham perusahaan target di pasar terbukan untuk memperoleh pengendalian atas perusahaan target. Hal ini dikenal dengan istilah street sweep.

0 Response to "Pengambilalihan Perusahaan (Friendly versus Hostile Takeover)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel