-->

5 Langkah Menyelesaikan Siklus Akuntansi

5 Langkah Menyelesaikan Siklus Akuntansi. Kali ini Saya akan menyebarkan mengenai cara menyelesaikan siklus akuntansi dari awal pencatatan sampai penyusunan laporan keuangan. Langkah yang saya tulis ini merupakan langkah secara umum saja, untuk langkah yang lebih detail akan saya bahas di postingan berikutnya. Berikut ini ialah langkah menyelesaikan siklus akuntansi:

Baca Juga: Tips Jitu Jago Akuntansi

  1. Membuat Jurnal
    Yang pertama kali harus dikerjakan dalam menghadapi siklus akuntansi yaitu membuat jurnal atas transaksi yang terjadi. Bagi yang gres mengenal akuntansi mampu menggunakan jurnal umum terlebih dahulu alasannya ialah lebih mudah bila dibandingkan dengan jurnal khusus menyerupai jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, dll. Jurnal umum biasanya terdiri dari kolom tanggal, keterangan, referensi, debet, dan kredit. Yang dicatat dalam jurnal ini meliputi transakasi yang terjadi selama tahun berjalan, jurnal penyesuasian, jurnal penutup. 
  2. Posting ke Buku Besar
    Setelah mencatat semua transaksi ke dalam jurnal umum, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah memposting/mencatat ke dalam buku besar (ledger). Di dalam buku besar terdapat kolom mutasi dan saldo. Yang pertama kali harus dicatat dalam buku besar ialah mencatat saldo awal masing-masing akun. Kemudian memposting jumlah mutasi debet atau kredit yang berasal dari jurnal transaksi sehingga pada simpulan posting akan diketahui saldo setelah sebelum penyesuaian. Setelah itu posting jurnal adaptasi sehingga muncul saldo simpulan setelah penyesuaian.
  3. Membuat Kertas Kerja (Worksheet)
    Tujuan dibuat worksheet ialah untuk mempermudah dalam penyusuan laporan keuangan. Worksheet terdiri dari 5 kolom yaitu neraca saldo sebelum penyesuaian, penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, laporan laba/rugi, dan neraca. Tugas Anda yang pertama dalam menyusun worksheet ialah mencatat nama akun beserta saldo sebelum adaptasi di kolom neraca saldo sebelum penyesuaian. Selanjutnya masukan saldo adaptasi yang sudah dijurnal tadi sehingga akan menghasilkan neraca saldo setelah penyesuaian. Setelah itu kita seleksi akun-akun yang akan dimasukkan ke kolom laba/rugi dan neraca. Yang dimasukkan ke kolom neraca meliputi aset, kewajiban, dan modal sedangkan yang masuk di kolom laba/rugi meliputi akun-akun pendapatan, pembelian, dan beban. Di kolom laba/rugi setelah melaksanakan penjumlahan nantinya akan muncul saldo laba/rugi yang didapatkan dari selisih debet dan kredit. Selisih tersebut harus sama dengans elisih yang ada di kolom neraca.
  4. Menyusun Laporan Keuangan
    Laporan keuangan terdiri dari laporan laba/rugi (income statement), laporan perubahan modal, neraca (statement of financial position), laporan arus kas (cash flow statement), dan catatan atas laporan keuangan. Namun untuk laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan Anda mampu melewatinya terlebih dahulu alasannya ialah ada pembahasan secara khusus di postingan selanjutnya. Pertama Anda harus menyusun laporan laba/rugi. Laporan laba/rugi didapatkan dari perhitungan di worksheet sebelumnya, Anda tinggal memindahkan nama akun beserta saldonya yang menghasilkan jumlah laba/rugi. Kedua, Anda harus membuat laporan perubahan modal yang terdiri dari modal awal ditambah laba/rugi yang berasal dari laporan laba/rugi dikurangi prive/pengambilan langsung oleh pemilik perusahaan sehingga didapat saldo simpulan modal. Ketiga, Anda harus membuat neraca yang terdiri dari aset, kewajiban, dan modal. Yang perlu diperhatikan ialah dikala Anda mencatat jumlah modal, jumlah yang dicatat ialah jumlah modal simpulan yang terdapat di laporan perubahan modal. 
  5. Membuat Jurnal Penutup
    Langka terakhir ialah anda perlu membuat jurnal penutup, yaitu menutup akun-akun pendapatan, beban, dan laba/rugi. Tujuannya ialah untuk menghapus akun-akun nominal sehingga saldo untuk tahun berikutnya ialah 0.
Itulah 5 langkah dalam menyelesaikan siklus akuntansi. Jika masih ada pertanyaan Anda mampu meniggalkan komentar di kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa  di share ya.

0 Response to "5 Langkah Menyelesaikan Siklus Akuntansi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel