-->

Pengertian Honor Dan Seputar Sistem Akuntansi Penggajian

Pengertian Gaji - Gaji ialah imbalan kepada pegawai yang di beri tugas-tugas administratif dan pimpinan yang jumlah biasanya tetap secara bulanan atau tahunan. Selain itu, pegawai mungkin memperoleh manfaat yang diberikan dalam bentuk tunjangan, contohnya dukungan jabatan, dukungan perumahan, dukungan pengobatan, dukungan hari raya, uang transport, uang makan dll (Soemarso S. R, 1999 : 355).

Banyak forum atau tubuh perjuangan yang memakai beberapa bentuk penggajian yang berbeda antara kelompok-kelompok pekerja. Ada yang di bayarkan menurut hasil pekerjaan, ada yang di bayar menurut waktu /jam (lamanya) mereka bekerja, ada yang di honor mingguan atau bulanan. Dan ada juga yang memakai sistem hadiah bagi mereka yang bekerja keras. Tujuan dasar dari sistem penggajian, yaitu sebagai imbalan, sebagai penghargaan dan sebagai pendorong (Sriyadi, 1999 : 248).

Menurut Mulyadi (2001 : 373) pengertian gaji pada umumnya merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang di lakukan oleh karyawan yang memiliki jenjang jabatan manajer, umumnya honor di bayarkan secara tetap perbulan.

Pada dasarnya sistem penggajian di berikan pada karyawan perusahaan yang bersifat tetap. Kaprikornus karyawan tersebut bekerja secara terus menerus dan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ruang lingkup dan wewenang yang di berikan kepada mereka.

Dalam hal sistem penggajian Perusahaan terdiri dari jaringan mekanisme sebagai berikut (Mulyadi, 2001 : 385)

1. Prosedur Pencatatan Waktu Hadir

Prosedur ini bertujuan untuk mencatat waktu hadir karyawan. Pencatatan waktu hadir ini di selenggarakan oleh fungsi pencatat waktu dengan memakai daftar hadir pada pintu masuk kantor manajemen atau pabrik.

2. Prosedur Pembuatan Daftar Gaji

Dalam mekanisme ini fungsi pembuatan daftar honor karyawan. Data yang di pakai sebagai dasar pembuatan daftar honor ialah surat-surat keputusan mengenai pengangkatan karyawan baru, kenaikan pangkat, pemberhentian karyawan, penurunan pangkat, daftar honor bulan sebelumnya, dan daftar hadir.

3. Prosedur Distribusi Biaya honor

Dalam mekanisme distribusi biaya honor dan biaya tenaga kerja didistribusikan kepada departemen-departemen yang menikmati manfaat tenaga kerja.

4. Prosedur Pembayaran honor

Prosedur pembayaran honor melibatkan fungsi akuntansi dan fungsi keuangan. Fungsi akuntansi menciptakan perintah pengeluaran kas kepada fungsi keuangan untuk menulis cek guna pembayaran gaji. Fungsi keuangan lalu memakai cek tersebut ke bank dan memasukkan uang ke amplop gaji. Informasi Yang Diperlukan Oleh Manajemen Dari Kegiatan Penggajian, antara lain:
  • Jumlah biaya honor yang menjadi beban Perusahaan selama periode akuntansi tertentu
  • Jumlah biaya honor yang menjadi beban setiap sentra pertanggung tanggapan selama periode akuntansi tertentu
  • Jumlah honor yang diterima setiap karyawan selama periode akuntansi tertentu
  • Rincian unsur biaya honor yang menjadi beban Perusahaan dan setiap sentra pertanggung tanggapan selam periode akuntansi tertentu
Demikian klarifikasi singkat mengenai pengertian honor dan seputar sistem akuntansi penggajian.

0 Response to "Pengertian Honor Dan Seputar Sistem Akuntansi Penggajian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel