-->

Pengertian Warta Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli - Informasi berkaitan dengan banyak aspek dalam kehidupan termasuk keterkaitannya dengan aneka macam disiplin ilmu. sehingga definisi yang sempurna perlu dipahami. Berikut ini ada beberapa pengertian info berdasarkan para ahli.

Bodnar dan Hopwood (2004) mendefinisikan info sebagai suatu data yang diorganisasikan yang sanggup mendukung ketepatan pengambilan keputusan.

Dalam pengertian yang lain, info ialah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan manfaat bagi insan (Husein, 2004)

 
Menurut pendapat Anthony, pengertian info ialah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berkhasiat dan lebih berarati bagi yang menerimanya dan menggambarkan suatu kejadian-kejadian, kesatuan positif yang dipakai dalam mengambil keputusan (Dewi, 2004)
 Informasi berkaitan dengan banyak aspek dalam kehidupan termasuk keterkaitannya dengan be Pengertian Informasi Menurut Para AhliSelanjutnya, suatu info berkualitas ditentukan oleh tiga karakteristiknya (Jogiyanto, 2001) yakni :
  • Akurat (accurate), bararti info harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat berarti info harus terperinci dan mencerminkan maksudnya.
  • Tepat pada waktunya (time lines), berarti info yang akan tiba pada akseptor dihentikan terlambat. Informasi yang sudah lama tidak akan mempunyai nilai lagi.
  • Relevan (relevance), berarti info tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.
Winarno (2006) mengidentifikasikan pengertian informasi sebagai segala data yang sudah diolah sehingga berkhasiat untuk pembuatan keputusan. Selain itu, Winarno menguraikan 8 karakteristik info yang baik, yaitu:
  1. Akurat; Menggambarkan kondisi objek yang sesungguhnya.
  2. Tepat waktu; Informasi harus tersedia sebelum keputusan dibentuk alasannya ialah seringkali info tidak diharapkan lagi sehabis keputusan dibuat.
  3. Lengkap; Informasi harus meliputi semua yang diharapkan oleh pembuat keputusan. Lengkap tidak berarti memperlihatkan semua informasi.
  4. Relevan; Informasi harus bekerjasama dengan keputusan yang akan diambil.
  5. Terpercaya; Isi dari info tersebut harus sanggup mendapatkan amanah (reliable).
  6. Terverifikasi; Informasi harus sanggup dilacak ke sumber aslinya (verifiable).
  7. Mudah dipahami; Informasi harus gampang dipahami oleh pembacanya.
  8. Mudah diperoleh; Informasi yang sulit diperoleh sanggup tidak digunakan.
Demikian uraian singkat mengenai pengertian info berdasarkan para ahli beserta karakteristik info yang berkualitas. Sekalipun info cukup beragam, namun info yang tidak memenuhi karakteristik tersebut di atas tentu tidak sanggup dikatakan sebagai info yang berkualitas.

0 Response to "Pengertian Warta Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel