-->

Pengertian Akuntansi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli – Sebagaimana yang tertuang dalam Statemen Of Financial Accounting Concepts (SFAC) No. 2, Financial Accounting Standard Board yang dikutip oleh Romney dan Steinbart (2003) secara sederhana akuntansi didefinisikan sebagai sistem informasi. Dalam Standar Akuntansi Keuangan tersebut juga disebutkan bahwa tujuan utama akuntansi ialah untuk menyediakan gosip yang mempunyai kegunaan bagi para pengambil keputusan.


Semakna dengan itu, Bodnar dan Hopwood (2004: 1) memperlihatkan definisi akuntansi yang juga lebih mengarah pada suatu sistem informasi. Dalam pengertiannya dikemukakan bahwa:
“Accounting as an information system, identifies, collect, process, and communication economic information about entity to a wide of people”. Maksudnya bahwa akuntansi sebagai suatu sistem informasi, mengidentifikasi, mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan gosip ekonomi mengenai suatu entitas ke banyak sekali kelompok orang.
 Sebagaimana yang tertuang dalam Statemen Of Financial Accounting Concepts  Pengertian Akuntansi Menurut Para AhliPengertian akuntansi berdasarkan Winarno (2006), proses mencatat dan mengolah data transaksi dan menyajikan gosip kepada pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.

Akuntansi didefinisikan oleh Horngern (2000) sebagai proses pencatatan, pengukuran dan penyampaian-penyampaian gosip ekonomi semoga sanggup digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.

Menurut Sunyanto (1999), pengertian akuntansi itu ialah suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian/pelaporan dari transaksi-transaksi keuangan serta penafsiran kesannya guna pengambilan keputusan.

Menurut AICPA (American Institute of Certified Public Accountant), akuntansi ialah seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

Menurut Keputusan Menteri Keuangan RI (No. 476 KMK. 01 1991, Akuntansi ialah suatu proses pengumpulan, pencatatan, penganalisaan, peringkasan, pengklasifikasian dan pelaporan transaksi keuangan dari suatu kesatuan ekonomi untuk menyediakan gosip keuangan bagi para pemakai laporan untuk pengambilan keputusan.

Untuk menggambarkan ruang lingkup akuntansi secara ringkas ialah sebagai berikut :
  • Akuntansi Keuangan: berafiliasi dengan persoalan pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan banyak sekali laporan keuangan terjadwal dari hasil pencatatan.
  • Akuntansi Biaya : akuntansi yang menekankan pada penentuan dan pengendalian biaya selama proses produksi dan harga pokok dari barang yang final diproduksi.
  • Akuntansi Manajemen: memakai biaya histori taksiran guna membantu administrasi didalam menjalankan acara dan perencanaan
  • Akuntansi Perpajakan: menekankan pada penyusunan laporan keuangan berdasarkan peraturan perpajakan dan perencanaan transaksi dengan mempertimbangkan efek pembayaran pajak (perncanaan perpajakan atau tax planning).
  • Sistem Akuntansi: menyangkut persoalan perancangan prosedur, metode, dan teknik untuk mencatat dan mengolah transaksi perusahaan.
  • Akuntansi pemerintahan: menekankan pada pencatatan dan pelaporan transaksi dari forum pemerintah dengan peraturan yang mengikat lembaga-lembaga tersebut.
Dari uraian sejumlah pengertian akuntansi berdasarkan para ahli di atas, akuntansi sanggup diartikan sebagai sistem gosip yang mencatat data ekonomi, memproses dan menganalisa data tersebut untuk lalu akuntansi menyajikan data kuantitatif berupa laporan keuangan kepada pihak-pihak yang membutuhkannya.

0 Response to "Pengertian Akuntansi Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel