-->

Pengertian Prestasi Berguru Berdasarkan Para Mahir

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli - Prestasi mencar ilmu didefinisikan sebagai hasil yang dicapai seseorang dalam perjuangan belajarnya sebagian dinyatakan dengan nilai-nilai dalam buku rapornya (Wirawan, 2002)

menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (2002:895) ialah penguasaan pengetahuan dan ketrampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai test atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Untuk memahami lebih luas perihal prestasi mencar ilmu di bawah ini disajikan beberapa pendapat.

Sedangkan Suharsimi Arikunto (2003:269) beropini bahwa prestasi mencar ilmu ialah tingkat pencapaian yang telah dicapai oleh anak didik atau siswa terhadap tujuan yang ditetapkan oleh masing-masing bidang studi setelah mengikuti acara pengajaran dalam waktu tertentu.
 

Menurut Sumadi Suryabrata (2005 :175) prestasi mencar ilmu mencakup perubahan psikomotorik, sehingga prestasi mencar ilmu ialah kemampuan siswa yang berupa penguasaan pengetahuan, perilaku dan ketrampilan yang dicapai dalam mencar ilmu setelah dia melaksanakan kegiatan belajar.

Prestasi mencar ilmu geografi misalnya, ialah hasil yang diperoleh siswa setelah melaksanakan acara mencar ilmu Geografi yang berupa penguasaan, pengetahuan perilaku dan keterampilan yang lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Prestasi mencar ilmu dalam suatu penelitian untuk bidang studi geografi ini diperoleh dari rata-rata dari nilai ulangan dan nilai ujian mid semester pada mata pelajaran geografi.

Dari pendapat di atas, sanggup disimpulkan bahwa pengertian prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melaksanakan acara mencar ilmu yang mencakup perubahan tingkah laris (psikomotorik), penguasaan pengetahuan, perilaku dan ketrampilan. Nilai yang dilaporkan dalam rapor merupakan perumusan terakhir yang diberikan guru mengenai kemajuan atau prestasi mencar ilmu siswa selama masa tertentu.

Prestasi mencar ilmu atau hasil mencar ilmu siswa sanggup di ketahui dengan jalan diukur atau menilai. Menurut Suma di Suryabrata (2005:294), disebutkan bahwa hasil mencar ilmu siswa sanggup diukur dengan cara:


  1. Memberikan tugas-tugas tertentu
  2. Menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan pelajaran tertentu
  3. Memberikan tes pada siswa setelah mengikuti pelajaran tertentu, dan
  4. Memberikan ulangan
Menurut Zaenal Arifin (1991:3-4) prestasi mencar ilmu memiliki fungsi utama, antara lain:
  1. Prestasi mencar ilmu sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai anak didik
  2. Prestasi mencar ilmu sebagai lambang pemuas hasrat ingin tahu. hal ini didasarkan pada perkiraan bahwa para mahir psikologi biasanya menyebut hal ini sebagai tendensi keingintahuan (curiocity) dan merupakan kebutuhan umum pada manusia, termasuk kebutuhan pada anak didik dalam suatu acara pendidikan.
  3. Prestasi mencar ilmu sebagai materi inform asi dalam penemuan pendidikan. Asumsinya ialah bahwa prestasi mencar ilmu sanggup dijadikan pendorong bagi anak didik dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan berperan sebagai umpan balik (feadback) dalam meningkatkan mutu pendidikan
  4. Prestasi mencar ilmu sebagai indikator intern dan ekstern dari suatu institusi pendidikan. Indikator intern dalam arti bahwa prestasi mencar ilmu sanggup dijadikan faktor produktivitas suatu institusi pendidikan. Asumsinya ialah bahwa kurikulum yang dipakai relevan dengan kebutuhan masyarakat dan anak didik. Indikator ekstern dalam arti tinggi rendahnya prestasi mencar ilmu sanggup dijadikan indikator tingkat kesuksesan anak didik di masyarakat. Asumsinya ialah bahwa kurikulum yang dipakai relevan pula dengan pembangunan masyarakat.
  5. Prestasi mencar ilmu sanggup dijadikan indikator terhadap daya serap (kecerdasan) anak didik. Dalam proses mencar ilmu mengajar anak didik merupakan duduk perkara yang utama dan pertama dan alasannya anak didiklah yang dibutuhkan sanggup menyerap seluruh materi pelajaran yang telah diprogramkan dalam kurikulum .
Berdasarkan pembagian terstruktur mengenai di atas sanggup disimpulkan bahwa sangat penting untuk mengetahui pengertian prestasi belajar, alasannya prestasi mencar ilmu selain sebagai daya serap siswa, tetapi juga sebagai indikator kualitas institusi pendidikan. 

0 Response to "Pengertian Prestasi Berguru Berdasarkan Para Mahir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel