-->

Arti Penting Norma Dalam Kehidupan Bermasyarakat Dan Bernegara

Arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara berkaitan dengan terciptanya ketertiban dan keharmonisan masyarakat. Sebagaimana dijelaskan dalam pengertian dan macam-macam norma, norma dalam masyarakat terbentuk alasannya ada banyak sekali perbedaan individu. Sebagai mahluk individu, insan mempunyai kepribadian, kepentingan, keinginan, tujuan hidup yang berbeda satu dengan yang lain. 

Agar segala perbedaan tersebut tidak menimbulkan perpecahan, ketidaktertiban dalam masyarakat, maka dibuatlah peraturan atau norma. Arti penting norma tersebut sanggup dilihat dari fungsinya dalam masyarakat antara lain:
  1. Pedoman dalam bertingkah laku. Norma memuat aturan tingkah laris masyarakat dalam pergaulan sosial.
  2. Menjaga kerukunan anggota masyarakat. norma mengatur supaya perbedaan dalam masyarakat tidak menimbulkan kekacauan atau ketidaktertiban.
  3. Sistem pengendalian sosial. Tingkah laris anggota masyarakat diawasi dan dikendalikan oleh aturan yang berlaku.
Dalam kehidupan sosial, pastilah ada norma yang mengatur kehidupan tersebut. Sebagai makhluk sosial, insan lahir, berkembang, dan meninggal dunia dalam masyarakat. Setiap individu berinteraksi dengan individu atau kelompok lainnya. Interaksi yang dilakukan insan senantiasa didasari oleh aturan, adat, atau norma yang berlaku dalam masyarakat.

Dalam hidup bernegara diatur dengan norma aturan yang berbeda dengan norma-norma lainya. Persamaannya yaitu norma-norma tersebut mengatur tata tertib dalam masyarakat, sedangkan perbedaannya terletak pada sanksinya. Dalam kehidupan bernegara, norma aturan mempunyai peranan yang lebih besar alasannya mengikat dan memaksa seluruh warga negara dan para penyelenggara negara.

Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “Negara Indonesia yaitu negara hukum”. Negara aturan dimaknai oleh para mahir sebagai berikut:
  1. Negara aturan yaitu negara yang mendasarkan segala sesuatu, baik tindakan maupun pembentukan forum negara pada aturan tertulis atau tidak tertulis.
  2. Menurut A.V. Dicey, negara aturan mengandung tiga unsur yakni (a) Supremacy of law. Dalam arti dihentikan ada kesewenang-wenangan sehingga seseorang warga boleh dieksekusi kalau melanggar hukum, (b) Equality before of law. Setiap orang sama di depan aturan tanpa melihat status dan kedudukannya, baik bagi rakyat maupun pejabat (c) Human rights. Diakui dan dijaminnya hak-hak asasi insan dalam undang-undang atau keputusan pengadilan.
  3. Jaminan Undang-Undang Dasar 1945 bahwa Indonesia sebagai negara aturan sanggup ditemukan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pada Pasal 1 ayat (3) ihwal Indonesia sebagai negara hukum, Pasal 27 ayat (1) ihwal prinsip equality before of law dan pasal lain yang disertai dengan kata undang-undang, menyerupai Pasal 1 ayat (2) dan Pasal 4 ayat (1).
Sebagai negara hukum, tentu bangsa Indonesia menerapkan aturan aturan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Setelah kalian memahami negara hukum, kalian juga harus memahami, menyadari, dan melakukan aturan tersebut.

Hukum bersifat memaksa dan mengatur. Karenanya, norma aturan lebih ditaati oleh masyarakat daripada norma lainnya. Hukum sanggup memaksa seseorang untuk menaati tata tertib yang berlaku di dalam masyarakat dan terhadap orang yang tidak mentaatinya diberikan hukuman yang tegas. Suatu ketentuan aturan mempunyai kiprah untuk:
  1. Menjamin kepastian aturan bagi setiap orang di dalam masyarakat.
  2. Menjamin ketertiban, ketentraman, kedamaian, keadilan, kemakmuran, kebahagiaan, dan kebenaran;
  3. Menjaga supaya tidak terjadi perbuatan main hakim sendiri dalam kehidupan masyarakat.
Demikianlah sejumlah arti penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sekiranya dalam masyarakat tidak ada aturan yang mengatur kehidupan masyarakat, tentu kehidupan masyarakat akan tidak tertib dan timbul kekacauan di mana-mana. 

0 Response to "Arti Penting Norma Dalam Kehidupan Bermasyarakat Dan Bernegara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel