-->

Faktor Pendorong Menjadi Wirausahawan

Apa sih yang memotivasi seseorang untuk jadi pengusaha? Setidaknya ada sembilan faktor pendorong menjadi wirausahawan atau entrepreneur sebagai jalan hidup (Hendro dan Widhianto, 2006:103-106) yakni :

1. Faktor individu atau personal

Fakor ini merupakan imbas pengalaman hidup dari kecil sampai dewasa, baik oleh lingkungan ataupun keluarga, contohnya:

  • Pengaruh masa kanak-kanaknya; ketika masih anak-anak, ia sering diajak oleh orangtua, paman, saudara, dan tetangga ditempat yang bekerjasama dengan bisnis. Pengalaman ini akan terus menempel dalam benaknya sehingga ia ingin bercita-cita untuk menjadi pengusaha.
  • Perkembangan ketika dewasa; pergaulan, suasana kampus, dan teman-temannya yang sering berkecimpung dalam bisnis akan memacu dirinya untuk mengambil jalan hidup menjadi seorang entrepreneur.
  • Perspektif atau cita-citanya; keinginan untuk menjadi pengusaha sanggup muncul ketika melihat saudara, teman, atau tetangga yang sukses menjadi entrepreneur.
2. Suasana kerja

Lingkungan pekerjaan yang nyaman tidak akan menstimulus orang atau pikirannya untuk berkeinginan menjadi pengusaha. Namun, kalau lingkungan kerja tidak nyaman, maka akan mempercepat seseorang menentukan jalan kariernya untuk menjadi seorang pengusaha.

3. Tingkat pendidikan
 

Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka hal itu juga semakin tidak begitu kuat terhadap keinginan dirinya untuk menentukan jalan hidup sebagai wirausahawan. Rata-rata, justru tingkat pendidikan yang tidak terlalu tinggi yang menstimulus seseorang untuk menentukan kariernya menjadi seorang pengusaha.

4. Personality (Kepribadian)

Ada banyak tipe kepribadian, menyerupai controller,advocator, analytic, dan facilitator. Dari tipe-tipe itu, yang cenderung memiliki hasrat yang tinggi untuk menentukan karier menjadi seorang pengusaha yakni controller dan advocator, tetapi itu bukan sesuatu yang mutlak, sebab semua sanggup asalkan ada kemauan.

5. Prestasi Pendidikan

Rata-rata, orang yang memiliki prestasi yang tidak tinggi justru punya keinginan yang lebih kuat untuk menjadi seorang pengusaha. Hal itu didorong oleh suatu keadaan yang memaksa ia berpikir bahwa menjadi pengusaha yakni salah satu pilihan terakhir untuk sukses, sedangkan untuk berkarier di dunia pekerja dirasakan sangat berat, mengingat persaingan yang sangat ketat dan masih banyak para lulusan yang berpotensi yang belum mendapat pekerjaan.

6. Dorongan Keluarga

Keluarga sangat berperan penting dalam menumbuhkan serta mempercepat seseorang untuk mengambil keputusan berkarier sebagai entrepreneur, sebab orangtua berfungsi sebagai konsultan pribadi, coach, dan mentornya.

7. Lingkungan dan Pergaulan

Jika ingin sukses, seseorang harus bergaul dengan orang yang sukses semoga tertular.

8. Ingin Lebih Dihargai atau “Self Esteem”
 

Posisi tertentu yang dicapai seseorang akan mempengaruhi arah kariernya. Sesuai dengan teori Maslow, sesudah orang terpenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papannya, maka kebutuhan yang ingin ia raih berikutnya yakni “Self Esteem”, yaitu ingin lebih dihargai lagi. Dan itu terkadang tidak didapatkan didunia pekerjaan atau lingkungan, baik keluarga, teman, atau yang lain. “Self Esteem” akan memacu orang untuk mengambil karier menjadi pengusaha (entrepreneur).

9. Keterpaksaan dan Keadaan
 

Kondisi yang diciptakan atau yang terjadi, misal PHK, pensiun (retired), dan menganggur atau belum bekerja, akan sanggup menciptakan seseorang menentukan jalan hidupnya menjadi entrepreneur, sebab memang sudah tidak ada lagi pilihan untuknya.

Dari kesembilan faktor pendorong menjadi wirausahawan di atas, tentu akan berbeda-beda porsinya bagi setiap individu. Semakin besar mempengaruhi keputusan individu maka faktor itulah yang akan secara umum dikuasai sebagai pendorongnya untuk menentukan jalan hidup sebagai usahawan atau pengusaha. 


0 Response to "Faktor Pendorong Menjadi Wirausahawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel