-->

Pengertian Sejarah (Lanjutan)

Pengertian sejarah berikut ini ialah kelanjutan dari goresan pena berjudul pengertian sejarah berdasarkan para ahli. Sebelumnya telah ada 20 definisi sejarah yang diungkapkan. Dibawah ini ada pemanis 23 pengertian sejarah menurut para ahli. Sejarah adalah:

  1. Suatu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban (Herodotus).
  2. Suatu sistem yang meneliti suatu insiden semenjak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, berdasarkan ia juga sejarah ialah peristiwa-peristiwa masa kemudian yang mempunyai catatan, rekord-rekord atau bukti-bukti yang konkrit (Aristoteles).
  3. Sebuah bentuk penyelidikan wacana hal-hal yang telah dilakukan oleh insan pada masa lampau (R. G. Collingwood).
  4. Semua insiden atau insiden masa lampau. Sejarah sanggup membantu para siswa untuk memahami sikap insan pada masa yang lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Semua insiden yang dimaksud dalam pendapat tersebut ialah insiden atau insiden yang berkaitan dengan manusia. Dalam insiden atau insiden tersebut terdapat bagaimana insan berperilaku (J. Bank).
  5. Studi wacana insan dalam kehidupan masyarakat (Robin Winks).
  6. Sejarah ialah apa yang sungguh-sungguh terjadi (Leopold von Ranke).
  7. Sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangnnya (Sir Charles Firth).
  8. Sejarah ialah kenangan dari acuan masa silam. Sejarah yang dimaksud ialah sejarah manusia. Manusia merupakan pelaku sejarah. Kemampuan yang dimiliki oleh insan ialah kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian di sekelilingnya. Hasil tangkapan tersebut akan menjadi memori dalam dirinya. Memori ini akan menjadi sumber sejarah (Robert V. Daniels)
  9. Memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut di masa yang akan tiba (John Tosh).
  10. Rekaman keseluruhan wacana masa lampau kesusatraan, hukum, bangunan, pranata sosial, agama, filsafat, pokoknya semua yang teringat dalam memori insan (Henry Steele Commager).
  11. Peristiwa yang telah kemudian dan benar-benar terjadi (Shefer).
  12. Pengertian sejarah merupakan puncak gunung pengetahuan insan dari mana perbuatan generasi kita mungkin scan dan dipasang ke dalam dimensi yang sempurna (Gustafson, 1955).
  13. Suatu runtutan insiden yang terjadi pada sebuah insiden (Abramiwitz)
  14. Sejarah menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu mencakup tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman insan di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan kisah yang berarti (W.H. Walsh)
  15. Sejarah timbul dari suatu duduk perkara yang hidup dan bahkan melayani hidup masyarakat. Karena itu, sejarah akan berubah-ubah bersama dengan berubahnya waktu, harapan, dan anutan rasa cemas yang tumbuh kemudian (Ertis Stern)
  16. Studi kronologis dengan menafsirkan dan mencari arti dari insiden yang berlalu dengan metode sistematis untuk mengungkap kebenaran (Sunnal dan Haas).
  17. Sejarah ialah “record of the whole human experinence” atau catatan keseluruhan pengalaman manusia. Baik secara individu maupun kolektif bangsa di masa kemudian wacana kehidupan umat insan (Costa).
  18. Sebuah konsep yang akan dilihat untuk mengenali kehidupan insan (Cleveland)
  19. Catatan wacana masyarakat umum insan atau peradaban insan yang terjadi pada watak/sifat masyarakat tersebut (Ibnu Khaldun).
  20. Studi wacana apa yang diperbuat, dikatakan, dan dipikirkan oleh insan pada masa kemudian (Norman E. Cantor).
  21. Ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang mengenai perkembangan manusia, baik perorangan maupun kolektif, sebagai makhluk sosial dalam kekerabatan lantaran dan akibat, lahir maupun batin (Bernheim).
  22. Sebuah kisah mengenai aneka macam insiden dan acara insan yang hidup dalam masyarakat (Henri Pirenne Iseorang).
  23. Kata “sejarah” mempunyai arti yang sama dengan kata history (bahasa Inggris) dan geschichte (bahasa Jerman) yang berarti kisah wacana insiden atau insiden yang terjadi pada masa lampau (Jan Romein).
Demikian pengertian sejarah yang dikemukakan oleh para ahli. Ada 20 orang hebat pada artikel pengertian sejarah berdasarkan para ahli dan 23 orang hebat pada artikel pengertian sejarah (lanjutan). 

0 Response to "Pengertian Sejarah (Lanjutan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel