-->

Karakteristik Komunikasi Massa

Artikel ini ialah sub bahasan dari goresan pena sebelumnya yang berjudul pengertian komunikasi massa. Adapun karakteristik komunikasi massa (Ardianto, 2004) yang sanggup diuraikan kali ini terdiri dari :
  1. Komunikator terlembagakan; Menurut Wright, komunikasi massa melibatkan lembaga, dan komunikatornya bergerak dalam organisasi kompleks, sehingga proses tunjangan pesan yang diberikan oleh komunikator harus bersifat sistematis dan terperinci.
  2. Pesan bersifat umum; Pesan yang dimaksud sanggup saja berupa fakta, insiden maupun opini. Namun tidak semua fakta, peristiwa, termasuk opini yang terjadi di sekeliling kita sanggup dimuat di media massa. Pesan komunikasi massa yang dikemas dalam bentuk apapun harus memenuhi kriteria yakni penting atau menarik.
  3. Komunikannya anonim dan heterogen; Komunikan dalam karakteristik komunikasi massa ialah anonim (tidak dikenal) dan heterogen (terdiri dari bermacam-macam unsur) .
  4. Media massa mengakibatkan keserempakan; yang dimaksud dalam karakteristik ini ialah keserempakan kontak dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator, dan penduduk tersebut satu sama lainnya berada dalam keadaan terpisah.
  5. Komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan; Dalam komunikasi massa, pesan harus tersusun sedemikian rupa sesuai sistem tertentu dan menurut karakteristik media massa yang digunakan. Dalam komunikasi antarpersonal, yang memilih efektivitas komunikasi bukanlah struktur, namun aspek kekerabatan manusia, bukan pada “ apanya “ tetapi pada “bagaimana “. Sedangkan pada komunikasi massa menekankan pada “apanya“.
  6. Komunikasi massa bersifat satu arah; Komunikator dan komunikan dalam hal ini tidak sanggup terlibat secara langsung, alasannya ialah proses yang terjadi pada komunikasi massa yang memakai media massa.
  7. Stimulasi alat indra “terbatas“. Stimulasi alat indra tergantung pada media massa. Pada surat kabar dan majalah, pembaca hanya melihat, pada media radio khalayak hanya mendengarkan, sedangkan pada media televisi dan film kita memakai indra penglihatan dan pendengaran.
  8. Umpan balik tertunda (delayed). Hal ini sidebabkan lantaran jarak komunikator dengan komunikan berjauhan dan katakter komunikan yang anonim dan heterogen.
Demikian delapan karakteristik komunikasi massa. Pemahaman akan sejumlah karakteristik tersebut akan memperlihatkan kejelasan dalam membedakannya dengan jenis atau model komunikasi lainnya.

0 Response to "Karakteristik Komunikasi Massa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel