-->

11 Fungsi Komunikasi Massa

Selain terdapatnya karakteristik dan unsur-unsur dalam komunikasi massa, sanggup diidentifikasi pula setidaknya ada 11 fungsi komunikasi massa (Effendi, 2003:29). Kesebelas fungsi tersebut diuraikan sebagai berikut:
  1. Penafsiran (interpretation); fungsi pertama ini berbentuk komentar dan opini yang ditujukan kepada khalayak, serta dilengkapi perspektif (sudut pandang) terhadap tayangan atau isu yang disajikan.
  2. Pertalian (linkage); fungsi pertalian dimaksudkan sanggup menyatukan anggota masyarakat yang bermacam-macam sehingga membentuk pertalian menurut kepentingan dan minat yang sama ihwal sesuatu.
  3. Penyebaran nilai-nilai (transmission of values); fungsi komunikasi massa ini dengan cara media massa itu ditonton, didengar, dan dibaca. Media massa itu mengatakan bagaimana mereka bertindak dan apa yang diperlukan oleh mereka.
  4. Hiburan (entertainment); ini berfungsi sebagai penghibur tiada lain tujuannya yaitu untuk mengurangi ketegangan pikiran khalayak.
  5. Fungsi informasi; media massa berfungsi sebagai penyebar informasi bagi pembaca, pendengar, atau pemirsa.
  6. Fungsi pendidikan; salah satu cara media massa dalam member ikan pendidikan yaitu dengan melalui pengajaran etika, nilai, serta sejumlah hukum - hukum yang berlaku bagi pembaca atau pemirsa.
  7. Fungsi mempengaruhi ; secara implisit terdapat pada tajuk atau editorial, features, iklan, artikel dan lain-lain.
  8. Fungsi proses pengembangan mental; media massa bersahabat kaitannya dengan sikap dan pengalaman kesadaran manusia.
  9. Fungsi pembiasaan lingkungan; yakni penyesuaian diri terhadap lingkungan dimana khalayak sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan dibantu oleh media massa, ia sanggup lebih mengenal bagaimana keadaan lingkungannya melalui media massa.
  10. Fungsi memanipulasi lingkungan ; berusaha untuk mempengaruhi, komunikasi yang dipakai sebagai alat kontrol utama dan pengaturan lingkungan.
  11. Fungsi meyakinkan (to persuade), fungsi komunikasi massa ini terihat dalam hal (1) mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan atau nilai seseorang, (2) mengubah sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang, dan (3) menggerakan seseorang untuk melaksanakan sesuatu.
Demikian rincian dan klarifikasi singkat 11 fungsi komunikasi massa. Semoga bermanfaat!

0 Response to "11 Fungsi Komunikasi Massa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel