-->

Yang Harus Di Rubah Karyawan Menjadi Pengusaha

karyawan menjadi pengusaha

Mindset ialah penentu utama peraih kesuksesan dalam setiap langkah kehidupan. Dengan kata lain, tumpuan pikir yang Anda adopsi memilih sebagian besar apa yang akan Anda raih. Namun keadaan dan situasi yang berbeda membutuhkan tumpuan pikir yang berbeda pula. Umumnya, orang berpikiran untuk meninggalkan status karyawan dengan honor tiap bulan untuk menjadi seorang wirausahawan. Sayangnya, tidak semua calon pengusaha memahami perlunya pergeseran tumpuan pikir yang cukup krusial ini.
Jadi, sebagai seseorang yang pernah menjadi karyawan, apakah Anda harus berpikir dengan cara berbeda untuk sukses pada dikala menjadi wirausahawan?
1.  Anda bertanggung jawab pada semua keputusan – baik dan buruk
Pengusaha mempunyai kesempatan yang luar biasa untuk membuat sesuatu dari nol, dengan cara yang mungkin tidak akan bekerja pada orang lain. Tapi ini berarti membuat keputusan besar tentang apa yang harus dilakukan, kapan dan bagaimana. Anda tidak bisa menunggu sampai hal-hal tertentu terjadi, atau mengharapkan seseorang untuk memberitahu Anda apa yang harus dilakukan. Anda sendiri yang harus membuat itu semua terjadi! Pengusaha sukses juga memahami bahwa peluang mungkin hanya tiba sekali, dan mengembangkan rasa urgensi yang akan membantu mereka mencapai tujuan.
2. Anda harus memegang visi baik jangka panjang dan jangka pendek secara bersamaan
Bekerja untuk orang lain dengan posisi tanggung jawab atas pekerjaan sendiri telah Anda lakukan dengan baik. Sebagai wirausahawan, Anda harus memproyeksikan pikiran Anda ke depan, berpikir tentang potensi dan peluang yang terbentang di sekitar bisnis, serta membuat keputusan di antara berbagai ketidakpastian. Hal ini mengharuskan Anda untuk menghadapi kenyataan bahwa apa yang Anda lakukan, atau tidak lakukan, hari ini, mungkin akan berdampak pada bisnis tiga bulan, bahkan lima tahun ke depan.
3. Merasa tidak nyaman ialah ‘zona nyaman’ gres Anda
Sebagai seorang karyawan, Anda terbiasa berpikir ‘di dalam kotak’. Sebagai seorang pengusaha, tidak ada kotak. Anda melihat apa yang orang lain tidak lihat, menguji ide-ide bisnis baru, merebut wilayah baru, dan juga mengambil risiko. Ini membutuhkan keberanian, mental kuat dan kemampuan untuk terus bertahan meskipun terus mendapatkan penolakan dan menghadapi perilaku skeptis.
4.  Belajar ialah sebuah perjalanan yang berkelanjutan
Sebagai seorang karyawan, Anda mempunyai deskripsi pekerjaan yang membutuhkan seperangkat keterampilan spesifik. Namun, dikala menjadi seorang pengusaha, Anda akan mencar ilmu banyak keterampilan baru, kecuali jika Anda mempunyai dana untuk memperkerjakan orang lain. Banyak hal gres yang harus Anda pelajari, mirip membuat spreadsheet, mendapatkan investor, memasarkan ide-ide Anda, atau memakai teknologi yang masih abstrak bagi Anda. Apa yang perlu dilakukan, harus dilakukan, tidak ada tempat untuk mengeluh dan beralasan.
5.  Angka tidak akan berbohong
Ketika angka berbicara, itu sudah cukup bagi sebagian besar karyawan untuk mengetahui apa yang terjadi dan apa yang akan terjadi. Namun sebagai wirausahawan, Anda sebaiknya mencar ilmu untuk peduli dengan angka sesegera mungkin, alasannya yaitu angka tersebut akan berpengaruh terhadap arus kas Anda yang nantinya akan membuat Anda terjaga – atau keluar -dari bisnis. Pada akhirnya, penjualan, biaya, laba dan kerugian yang baik itulah yang akan mengatakan Anda tidur malam yang nyenyak atau gaya hidup yang diinginkan.
6.  Cintai bisnis Anda, tetapi bersikaplah objektif
Sebagai seorang karyawan, Anda akan melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai hanya untuk gaji. Namun, sebagai pengusaha Anda akan menyayangi bisnis Anda sepenuhnya alasannya yaitu perjuangan keras dan waktu berjam-jam yang telah dihabiskan untuk mengembangkannya. Jangan sampai Anda jatuh ke dalam perangkap berpikir dan bertindak mirip seorang karyawan di perusahaan Anda sendiri.
7.  Nikmati melanggar aturan
Sebagai seorang karyawan, melanggar hukum bisa berdampak pemecatan. Di sisi lain, pengusaha tidak tertarik pada kutipan status, mereka selalu mencari cara untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Itu berarti memperoleh perspektif global, selalu melihat dari cakrawala, atau setidaknya ke arah itu, dimana hal besar berikutnya sudah menunggu.

0 Response to "Yang Harus Di Rubah Karyawan Menjadi Pengusaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel