-->

Ide Perjuangan Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil Oleh M Destri Wahyudi

17 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil  Oleh M destri wahyudimenurut Ranap.com, Anda sanggup memulainya dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan honor seorang pegawai (Rp500 ribu s.d Rp1 juta per bulan).

2. Menjual pulsa elektrik

Menjual pulsa merupakan wangsit bisnis yang menjajikan sebab meningkatnya pengguna telepon seluler. Kabarnya, seorang pebisnis pulsa di Jakarta mempunyai omset Rp20 triliun setahun. Jika Anda ingin berbisnis pulsa, Anda sanggup menentukan pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam Anda sehingga relatif tidak merepotkan.
Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang Anda sediakan tidak banyak, ialah berkisar dari Rp1 juta s.d Rp3 juta. Calon konsumen Anda sanggup saja sahabat sepekerjaan atau tetangga rumah Anda.

3. Menjual masakan untuk sarapan

Menyediakan masakan untuk sarapan merupakan wangsit bisnis sampingan yang menjanjikan bagi Anda. Hal ini sebab banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya. Menariknya lagi, Anda sanggup memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual masakan tersebut. Selain itu, sajian yang Anda tawarkan sanggup beragam, antara lain bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan. Jika Anda sudah beristri, sajian tersebut gampang dibuat, bukan?
Modal yang perlu Anda miliki untuk memulai perjuangan ini sekitar Rp4 juta per bulan. 80% uang tersebut untuk membeli materi baku, contohnya telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Sisanya untuk membeli materi bakar dan transportasi. Dengan modal sebesar itu, Anda berpeluang mendapat penghasilan higienis sebesar Rp2 juta per bulan.

4. Menjual foto di internet

Jika Anda hobi fotografi, Anda sanggup menghasilkan uang dari foto-foto yang Anda hasilkan. Caranya yakni dengan menjual foto tersebut secara online.
Untuk tahap awal, cobalah dua situs penjualan foto terpuler ini: Istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan ShutterStock.com (komisi 20-30%). Setelah itu, situs-situs lain yang sanggup dicoba yakni Fotolia.com dan StockFresh.com. Siapkan juga akun PayPal Anda semoga Anda gampang mendapat komisi yang diperoleh dari situs-situs tersebut.
Modal yang perlu Anda siapkan untuk perjuangan sampingan ini sanggup dibilang tanpa modal. Asumsinya Anda memakai kamera digital yang Anda miliki dan dana koneksi internet dimasukkan dalam anggaran bulanan Anda. Menarik, bukan?

5. Membuat blog

Anda sadari atau tidak, ngeblog sedang ngetren dalam lima tahun terakhir. Oleh sebab itu, ngeblog sanggup Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan. Contohnya, ketika saya menjadi karyawan swasta dulu, saya melakukan hal tersebut.
Pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari blog yakni postingan berkualitas. Anda sanggup mencobanya dengan menulis postingan sesuai pekerjaan Anda sekarang. Sebagai contoh, kalau Anda bekerja sebagai teknisi listrik, Anda sanggup menciptakan blog dengan topik kelistrikan. Strategi ini akan memudahkan Anda dalam pembuatan postingan. Mengapa? Sederhana saja, sebab Anda sudah tahu dan mengalami apa yang hendak ditulis.
Berita rupawan lainnya yakni modal yang perlu Anda sediakan untuk memulai ngeblog paling banyak Rp1 juta setahun. Asumsinya, Anda membeli domain dan hosting di penyedia hosting lokal, dan menciptakan postingan sendiri. Bahkan, sanggup tanpa modal kalau Anda memakai platform blog gratisan, contohnya Blogspot.com.
Blog menghasilkan uang dari mana saja? Silakan temukan jawabannya pada postingan saya di Blogodolar yang berjudul 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Berbahasa Indonesia Anda.

6. Membuat toko online

Seperti halya ngeblog, menciptakan toko online juga sedang ngetren. Salah satu sebab yakni gaya berbelanja masyarakat kini yang mulai bergeser ke gaya berbelanja online.
Di lihat dari sisi barang yang dijual, Anda sanggup menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik yang umum dijual para pelaku toko online yakni pakain, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, dan kaos. Sementara itu, barang digital yang terkenal dijual yakni ebook, software, musik, theme, plugin, dan video tutorial.
Modal yang perlu Anda siapkan untuk menciptakan toko online tidak besar. Sebagai contoh, modal Anda sanggup mirip modal ngeblog di atas kalau Anda sanggup mendesain sendiri toko online Anda. Jangan khawatir, sebab kini ini banyak template gratis toko online. Sekalipun harus membeli, banyak juga template yang harganya di bawah Rp300 ribu.
Hal menarik lain yakni Anda tidak harus repot mengirim barang kalau Anda memakai sistem dropshipping. Para dropshipper-lah yang akan mengirim barang tersebut ke pembeli Anda. Salah satu dropshipper lokal yang sanggup Anda coba yakni Supplier.id.

7. Jasa cuci motor

Di lingkungan Anda banyak pemilik motor? Mengapa tidak Anda coba menciptakan jasa cuci motor. Jenis perjuangan sampingan ini relatif gampang dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, dan peralatan semir ban motor.
Sementara itu, dari sisi modal, Anda cukup mempunyai Rp2 juta untuk mempunyai jasa cuci motor sederhana. Modal ini lebih besar (Rp10 juta) kalau Anda ingin menciptakan jasa cuci motor yang lebih profesional. Alokasinya yakni Rp2 juta untuk sewa tempat, Rp5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp3 juta untuk honor seorang pegawai dan biaya operasional.

8. Jual beli motor bekas

 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil  Oleh M destri wahyudimodal Rp10 juta. Uang tersebut sebagian besar dialokasikan untuk membeli sejumlah peralatan (gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain) dan menyewa tempat kalau bukan memakai rumah Anda.

10. Jasa desain grafis

Anda karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis atau menyukai desain grafis? Anda sanggup menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Sebagai contoh, Anda sanggup menciptakan jasa desain kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.
Jangan khawatir kalau di lingkungan tempat kerja Anda belum atau tidak ada konsumennya. Anda sanggup memanfaatkan pasar desainer online yang ada di Indonesia, mirip Sribu.com dan Projects.co.id. Bila sanggup berbahasa Inggris, Anda sanggup mencoba pasar desainer internasional untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Beberapa situs luar negeri yang biasa dipakai desainer graifis Indonesia yakni 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com (dulu bernama Odesk.com).
Perihal modal, kalau Anda memakai pasar desain online, Anda cukup punya uang untuk membayar koneksi internet saja sepanjang Anda memakai perangkat atau software desain yang Anda miliki. Terlebih, kalau Anda rutin tiap bulan mengeluarkan dana untuk internetan, sanggup dibilang jasa desain grafis online ini tanpa modal.

11. Jasa les privat

Anda mempunyai keterampilan dalam berbahasa atau bermusik? Jika ya, keterampilan tersebut sanggup Anda jadikan perjuangan sampingan dengan mendirikan jasa les privat. Bukan hanya menghasilkan uang, belajar khusus tersebut sanggup juga mengasah keterampilan Anda sehingga Anda tidak melupakannya.
Sebagai contoh, Anda yang ahli berbahasa Inggris sanggup membuka kursus bahasa Inggris untuk belum cukup umur sekolah dasar yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda. Anda yang pandai bermain gitar atau piano sanggup membuka belajar khusus gitar atau piano di rumah Anda.
Biaya belajar khusus yang harus dibebankan terhadap peserta bergantung pada kondisi ekonomi di tempat Anda. Jika kondisi ekonomi masyarakat kurang, memutuskan harga kursus setengahnya dari harga di kota besar. Jika sebaliknya, memutuskan harga yang sama dengan harga belajar khusus serupa di kota besar. Harga tersebut sanggup Anda peroleh dengan mencarinya di internet atau bertanya kepada sahabat Anda yang berdomisili di kota besar.
Jika Anda ingin menciptakan belajar khusus yang sederhana namun cukup nyaman bagi peserta, Anda cukup mengeluarkan biaya di bawah Rp1,5 juta dengan perkiraan Anda tidak menyewa tempat kursus. Modal ini untuk membeli kursi, meja, papan tulis, spidol, penghapus, dan air mineral.

12. Menjual pakaian murah

Menjual pakaian murah sanggup Anda lakukan untuk menciptakan bisnis sampingan. Selain sebagai kebutuhan primer manusia, pakaian juga tahan lama. Kekurangan bisnis ini yakni biasanya banyak orang yang mengutang sehingga menghambat perputaran modal dan laba Anda.
Berapa modal yang harus Anda miliki untuk memulai perjuangan menjual pakaian murah? Untuk tahap awal, Anda cukup punya Rp10 juta untuk membeli sejumlah pakaian murah dari sejumlah grosir. Sebagai contoh, Dewagrosir.com memberikan bermacam-macam pakaian murah, antara lain daster seharga Rp18 ribu, mukena bali Rp57 ribu, busana muslim Rp25 ribu, dan sarung tenun Rp28 ribu.
Untuk membandingkan harga-harga tersebut dan mencari tahu harga pakaian lain mirip baju anak, baju tidur, dan kaos distro, silakan Anda kunjungi situs-situs grosir pakaian berikut:

13. Jasa menjahit pakaian

Isteri Anda pandai menjahit pakaian? Mengapa keterampilannya tersebut tidak Anda wadahi dengan menciptakan jasa menjahit pakaian. Selain memaksimalkan hari isteri Anda (misalnya punya banyak waktu luang sebab belum cukup umur sedang sekolah), perjuangan ini juga relatif tidak perlu ruangan khusus. Anda sanggup memanfaatkan ruang keluarga untuk memulainya. Meskipun demikian, isteri Anda sebaiknya mempunyai ide-ide kreatif ihwal model pakaian semoga jasa menjahit Anda sanggup bersaing dengan jasa menjahit yang sudah Anda.
Dari sisi modal, Anda sanggup memulainya dengan uang sebesar Rp2 juta. Menurut situs peluangusahakecil.co, uang tersebut dipakai untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan sejumlah perlengkapan lain.

14. Jasa penerjemahan

Jika Anda seorang karyawan yang ahli suatu bahasa, Anda sanggup menghasilkan uang dengan membuka jasa penerjemahan. Usaha sampingan ini relatif tidak merepotkan sebab Anda sanggup lakukan sebelum atau setelah kerja. Bahkan, kalau Anda libur, Anda sanggup optimal menjalankan perjuangan ini.
Jasa penerjemahan sanggup dibilang tanpa modal kalau Anda sudah mempunyai laptop, mesin cetak, dan tiap bulannya rutin internetan. Selain itu, Anda juga sanggup memanfaatkan Google Translate kalau Anda kini tidak punya kamus untuk melihat arti kata-kata gila yang Anda tidak ketahui.
Anda sanggup membuka jasa penerjemahan ini di lingkungan tempat tinggal Anda atau bergabung di pasar online yang menyediakan jasa penerjemahan. Dua situs yang sanggup Anda coba yakni Freelancer Indonesia dan Sribulancer.

15. Jasa pengetikan

Seperti halnya jasa penerjemahan, Anda umumnya tidak perlu modal menjalankan jasa pengetikan. Meskipun demikian, jasa pengetikan sebaiknya Anda pilih kalau Anda tinggal di lingkungan sekolah atau kampus. Jamak diketahui, banyak siswa dan mahasiwa yang malas mengetik tugas atau skripsinya.
Perihal tarif, Anda sanggup memberikan tarif per halaman atau jumlah kata. Sebagai contoh, Rp2.000 untuk per halaman.

16. Menjual aneka kue

Istri Anda hobi menciptakan aneka kue? Hobi tersebut sanggup Anda maksimalkan untuk membuka toko aneka kue.
Anda sanggup menjual camilan bagus berair maupun camilan bagus kering. Kue berair antara lain brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan camilan bagus cucur. Resep-resep aneka camilan bagus berair tersebut sanggup Anda baca di situs ini. Sementara itu, camilan bagus kering yang sanggup Anda jual antara lain walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat. Jika belum tahu resep menciptakan kue-kue kering tersebut, silakan lihat di bacaresepdulu.com.
Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis sampingan aneka kue? Tidak terlalu banyak. Menurut Bisnisukm.com, Anda sanggup membuka toko aneka camilan bagus dengan modal Rp10 juta selama satu bulan pertama dengan perkiraan Anda tidak menyewa tempat. Rinciannya, Rp9 juta untuk materi baku (Rp300 ribu x 30 hari), Rp300 ribu untuk biaya gas, dan Rp250 ribu untuk biaya listrik dan air.

17. Makelar properti

Di lingkungan tinggal Anda ada perumahan atau apartemen baru? Jika ya, Anda sanggup menjadi makelar properti tersebut dengan memberikan ke teman-teman kerja Anda. Tentu saja, Anda harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga Anda tahu batas profit atau bonus yang akan Anda dapatkan seandainya Anda sanggup menjual sebuah unit atau lebih.
Untuk menjadi makelar properti, Anda tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Modal yang Anda perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti. Selain itu, Anda mesti mempunyai sedikit ilmu pemasaran semoga lancar memberikan properti ke teman-teman kerja Anda atau orang lain.
Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat Anda dalam mempunyai perjuangan sampingan sebab banyak perjuangan sampingan untuk karyawan bermodal kecil. Pilih salah satu dari 17 wangsit perjuangan sampingan di atas yang cocok dengan situasi dan kondisi Anda. Setelah itu, buat rancangan bisnisnya sehingga Anda sanggup mengelola perjuangan sampingan tersebut dengan baik, tanpa mengganggu produktivitas kerja Anda sebagai karyawan. (Sumber gambar: Jorge Quinteros dan Kompas.com)

0 Response to "Ide Perjuangan Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil Oleh M Destri Wahyudi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel