-->

9 Tips Menghadapi Rotasi Karyawan


9 Tips Menghadapi Rotasi Karyawan


  seorang psikolog menyatakan bahwa aktualisasi diri yang diperoleh  sesudah mengembangkan poten 9 Tips Menghadapi Rotasi KaryawanAbraham Maslow, seorang psikolog menyatakan bahwa aktualisasi diri yang diperoleh sesudah mengembangkan potensi diri adalah lisan tertinggi kehidupan manusia. Jika berhasil mengembangkan potensi diri di kawasan kerja, Anda akan menjadi karyawan yang mempunyai motivasi yang tinggi dalam bekerja.
Jadi, gunakan rotasi karyawan sebagai wadah untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi dalam diri Anda.

6. Pandang rotasi sebagai penurun depresi dan kejenuhan

Rotasi karyawan terpola yang telah direncanakan dengan matang akan memberi sejumlah dampak positif bagi karyawan. Salah satunya adalah menurunkan stres atau depresi di kawasan kerja lantaran karyawan yang mengalami perpindahan akan mendapatkan suasana kerja baru.
Dosen Psikologi Industri dan Organisasi Universitas Indonesia, Tulus Radikun, menegaskan bahwa rotasi karyawan dipercaya bisa mengatasi kejenuhan atau depresi lantaran pekerjaan yang itu-itu saja.
Perpindahan posisi di kawasan kerja bisa jadi menyenangkan apabila Anda telah mempersiapkan diri sebelumnya. Bertemu rekan-rekan gres dan belajar wacana hal-hal gres menjadi tantangan menarik untuk Anda. Persiapan yang matang sangat dibutuhkan biar Anda tidak stres.

7. Anggap rotasi sebagai cara untuk keluar dari zona nyaman

Apabila Anda adalah karyawan yang sudah bertahun-tahun berada di posisi kini dan akan menghadapi rotasi karyawan, Anda akan segera keluar dari zona nyaman. Satu artikel di LifeHacker.com mendaftar sejumlah manfaat yang akan Anda peroleh apabila dengan bahagia hati keluar dari zona nyaman.
Dalam artikel tersebut disinggung sebuah penelitian di bidang psikologi tahun 1908 oleh Robert M. Yerkes and John D. Dodson. Mereka membahas wacana dampak kekhawatiran yang tinggi terhadap kinerja. Ketika karyawan berada dalam keadaan stres di level lebih tinggi dari keadaan normal, beliau akan memacu diri untuk diri untuk lebih berkinerja maksimal.
Rotasi karyawan sangat memungkinkan Anda untuk melampaui limit (beyond your limit). Anda akan terbiasa memacu diri melampaui batas. Keterbiasaan ini lebih gampang dari yang Anda bayangkan. Lakukanlah! Ambil langkah menuju perubahan dan perbaikan diri dengan keluar dari zona nyaman.
Saatnya Anda ungkapkan kalimat berikut. Keluar dari zona nyaman, siapa takut?

8. Jangan khawatir apabila Anda bukan orang yang cepat beradaptasi

Agar tidak stres menghadapi rotasi karyawan, berkenalan dengan lebih banyak rekan kerja sanggup menjauhkan Anda dari kekhawatiran. Lakukan hal-hal yang mendukung penyesuaian Anda di lingkungan kerja baru.
Bagaimana kalau Anda bukan orang yang cepat beradaptasi? Jangan panik dulu. Setiap perusahaan dengan perencanaan rotasi karyawan yang matang akanmemberi training atau orientasi karyawan sebelumnya.
Namun, kalau perusahaan tidak memberi pelatihan, Anda perlu lebih aktif dalam mengumpulkan informasi dan bertanya kepada karyawan usang tips menuntaskan pekerjaan dengan cepat, mudah, dan tepat.
Komunikasi adalah kunci utama untuk mengikuti keadaan dengan baik. Anda tak perlu menyapa semua orang atau menjadi orang lain yang super komunikatif. Yang Anda perlukan hanya komunikasi yang jujur dan tulus.

9. Jangan takut lantaran rotasi karyawan memberi banyak pengalaman

Rotasi karyawan menjanjikan Anda lebih banyak pengalaman kalau Anda menikmatinya. Setiap hal yang Anda alami, seburuk apapun itu bisa menjadi pelajaran yang berharga. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mempunyai lebih banyak pengalaman bekerja dan berinteraksi dengan rekan kerja baru.
Bekerja dengan lebih banyak orang yang berbeda-beda adalah sebuah seni tersendiri. Kesempatan itu tidak tiba dua kali. Makara manfaatkan dengan baik untuk menciptakan Anda kaya dengan pengetahuan dan bertumbuh menjadi karyawan yang lebih berwawasan dengan belajar wacana banyak hal.
Rotasi karyawan harus dipersiapkan baik oleh karyawan maupun perusahaan dengan matang. Jika memang Anda merasa belum siap menghadapi rotasi karyawan, Anda bisa berdiskusi dengan atasan lantaran rotasi karyawan tidak bisa dilakukan secara sepihak. Namun, saya tetap sarankan untuk mempersiapkan diri menghadapi rotasi karyawan. Bagaimana pun, rotasi karyawan dilaksanakan bukan hanya demi perusahaan tetapi juga demi peningkatan karier Anda.

0 Response to "9 Tips Menghadapi Rotasi Karyawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel