-->

28 Tips Gampang Menjaga Jantung Biar Tetap Sehat


 Tips Praktis Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat 28 Tips Praktis Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat
Tips Praktis Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat - Mengapa kita harus mempertahankan kesehatan jantung? Salah satu alasannya alasannya yaitu ternyata penyakit kardiovaskular atau yang bekerjasama dengan jantung merupakan penyebab utama simpulan hidup di Amerika Serikat bahkan termasuk Indonesia. Berdasarkan data statistik terakhir tahun 2016, di Amerika Serikat sudah 2.200 orang meninggal alasannya yaitu penyakit jantung setiap hari. Sehingga, tidak ada alasan untuk segera mengambil tindakan. Kami mengidentifikasi sejumlah tips gampang menjaga jantung semoga tetap dalam kondisi sehat.

1. Berolahragalah 30 Menit Sehari

Apakah Anda melaksanakan 30 menit berjalan kaki setiap hari atau berolahraga tiga kali dalam waktu 10 menit, sediakan waktu selama 30 menit yang disarankan semoga secara dramatis membantu Anda mempertahankan gaya hidup sehat.

2. Lakukan Pemompaan Jantung


Lakukan latihan untuk menaikkan detak jantung Anda cukup untuk menciptakan perbedaan. Anda akan tahu kapan Anda berada pada intensitas optimal ketika Anda berkeringat dan merasa lelah dan sakit setelahnya. Jangan berlebihan, cukup dengan keluarnya keringat beberapa menit.

3. Menaiki Tangga


Menaiki tangga bukan eskalator atau lift yaitu cara gampang untuk memasukkan latihan ke dalam rutinitas harian Anda. Ini juga merupakan indikator investigasi kesehatan yang baik. Jika Anda kehabisan napas menaiki tangga yang sama dengan yang Anda lakukan ahad lalu, mungkin Anda perlu berkonsultasi ke dokter.

4. Kenakan Sepatu Dansa Anda

Berdansa atau menari bukanlah latihan aerobik yang hebat, tapi ini cara yang menyenangkan untuk mengurangi stres dan menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik mungkin berdampak eksklusif pada penurunan tekanan darah dan mengurangi stres dan kecemasan-yang semuanya merupakan faktor penyebab penyakit kardiovaskular.

6. Kurangi Stres


Stres sanggup berdampak negatif pada perilaku, yang sanggup memicu makan berlebih, merokok atau merokok lebih banyak dari biasanya - yang kemudian sanggup mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Stres kronis juga dikaitkan dengan perubahan hormonal yang sanggup meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Para andal menyarankan untuk mencoba meditasi atau mengikuti kelas yoga atau Tai Chi untuk membantu mengurangi stres.

7. Kendalikan Tidur Siang

Menyediakan waktu tidur siang 45 menit sesudah situasi stres atau kiprah mental telah terbukti mengurangi tekanan darah.

8. Kelola Emosi Anda


Memiliki perasaan marah, sedih, frustrasi, atau stres sanggup meningkatkan tekanan darah dan memberi tekanan pada hati Anda. Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang mempunyai tingkat tekanan psikososial tinggi berisiko sama menderita serangan jantung alasannya yaitu mereka yang merokok.

9. Perhatikan pinggang Anda

Banyaknya lipatan perut perlu Anda hilangkan. Ini yaitu prediksi yang terperinci wacana peningkatan risiko penyakit jantung Anda. Untuk setiap tambahan dua inci lemak perut yang Anda bawa, Anda meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 20%!

10. Ketahui BMI Anda


Indeks massa tubuh normal (BMI) berkisar antara 18,5 hingga 24,9 kg / m2. BMI 27-30 + mengatakan bahwa berat tubuh seseorang berada dalam kisaran kelebihan berat tubuh hingga obesitas dan menempatkan mereka pada peningkatan risiko kardiovaskular.

11. Kurangi Porsi Makan

Sadarilah ukuran porsi sanggup membantu menjaga kalori dan lemak perut Anda terkendali. Bagian yang tepat, misalnya, meliputi: 3 ons daging atau ayam, dan 1 1/2 ons keju keras (tiga dadu).

12. Tingkatkan Serat Harian Anda


Makan setidaknya 25 gram serat setiap hari sanggup membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi kuliner kaya serat menyerupai gandum, kacang-kacangan dan jeruk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Mereka yang makan kuliner berserat tinggi, dari waktu ke waktu, telah terbukti mempunyai risiko seumur hidup yang lebih rendah secara signifikan untuk terhindar penyakit kardiovaskular bila dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi serat dalam jumlah kecil.

13. Makan Aneka Buah-buahan dan Sayuran

Buah dan sayuran bukan hanya sumber vitamin dan mineral yang baik namun rendah kalori dan kaya akan serat makanan. Buah-buahan segar mengandung pigmen sehat yang disebut 'flavonoid' yang telah diketahui sanggup mengurangi risiko peradangan - faktor penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

14. Kurangi Konsumsi Garam

Terlalu banyak garam dalam kuliner Anda sanggup mengakibatkan tekanan darah tinggi - faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan tidak lebih dari 2.300 mg sodium (sekitar satu sendok teh) garam setiap hari.

15. Makan Lebih Banyak Ikan


Ikan mengandung asam lemak omega-3 tinggi dan kurang lemak jenuh dibanding daging. Klinik Mayo menyarankan untuk makan satu hingga dua porsi ikan berlemak (seperti salmon) per ahad untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung (terutama simpulan hidup jantung mendadak). Jika ikan tidak sesuai dengan cita-cita Anda, pertimbangkan untuk memakai embel-embel omega-3, menyerupai minyak krill. Kenali pula 18 Makanan Sehat untuk Mencegah Penyakit Jantung.

16. Ketahui lemak Anda

Mengikuti diet rendah lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans (lemak terhidrogenasi parsial) sanggup meliputi kuliner nabati menyerupai buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, yang sanggup membantu menjaga jantung Anda. sehat dan berpengaruh Trans-lemak harus dihindari sepenuhnya, alasannya yaitu mereka telah diketahui sanggup meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Kurangi konsumsi produk hewani menyerupai daging merah, ayam, susu dan keju dari kuliner Anda, satu atau dua hari dalam seminggu, secara signifikan sanggup membantu menurunkan kolesterol Anda.

17. Atur Porsi Makan Coklat

Akhirnya, ada kabar baik bagi mereka yang mempunyai gigi manis. Coklat gelap murni (bukan susu atau varietas putih) yaitu sumber katekin yang kaya - antioksidan sehat-jantung. Makan satu ons per hari sanggup memuaskan hasrat gula Anda. Hati-hati jangan hingga terlalu hiperbola alasannya yaitu coklat kaya akan kalori.

18. Kurangi Gula dan Risiko Peradangan

Menjaga asupan gula Anda hingga 6 gram per porsi sanggup membantu menjaga peradangan. Mengetahui jumlah protein C-reaktif (CRP) yaitu cara yang baik untuk memantau tingkat peradangan Anda, alasannya yaitu peradangan tingkat rendah yang konstan telah diketahui sanggup meningkatkan risiko duduk perkara jantung. Diet kaya akan kuliner yang mengandung antioksidan menyerupai vitamin A, C dan E juga membantu mengurangi risiko peradangan.

19. Minum obat-obatan atau embel-embel pada waktu yang sempurna

Diskusikan hal ini dengan dokter atau apoteker Anda. Pengobatan kolesterol, misalnya, paling baik dikonsumsi sebelum tidur.

20. Jika Anda Merokok, Cobalah Berhenti Merokok

Merokok hanya satu-ke-dua rokok per hari sanggup secara signifikan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, atau kondisi serius lainnya. Risikonya meningkat lebih jauh bila dikombinasikan dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas.

21. Hindari Menjadi Perokok Pasif

Maksudnya bukan menjadi perokok aktif, namun menjauhi perokok aktif. Hasil studi mengatakan bahwa menghirup asap dari perokok aktif sanggup meningkatkan risiko nyakit jantung koroner hingga 30%.

22. Jadwalkan Pemeriksaan Gigi Rutin

Mulut sehat sanggup mengakibatkan jantung sehat. Studi menyimpulkan bahwa orang-orang yang mempunyai gigi mereka dibersihkan secara profesional dan diskalakan oleh dokter gigi atau andal kebersihan gigi secara signifikan mengurangi kesempatan mereka terkena serangan jantung dan stroke bila dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menjalani pencucian gigi. Teratur membersihkan gigi yaitu tips gampang menjaga jantung semoga tetap sehat

23. Kenali Gejala Serangan Jantung

Menghancurkan nyeri dada mungkin merupakan tanda-tanda klasik serangan jantung, namun beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan dengan cara yang berbeda. Gejala ini termasuk sensasi meremas di dada, tekanan, sesak napas, mual dan pusing. Wanita mungkin mengalami tanda-tanda yang berbeda dengan rasa sakit di lengan, punggung dan bahkan giginya. Jangan menebak-nebak sendiri. Carilah proteksi medis segera kalau Anda berpikir Anda mungkin mengalami serangan jantung.

24. Kenali Riwayat Keluarga dan Faktor Risiko

Mengacu pada hasil penelitian baru-baru ini dari Pusat Penelitian Perawatan Kesehatan Primer di Swedia, gen sepertinya menjadi indikator utama dalam memilih potensi risiko penyakit jantung. Mengetahui sejarah keluarga Anda sanggup memberi Anda isu penting yang Anda perlukan untuk mengatur diri Anda di jalur cepat ke diet dan olahraga yang tepat.

25. Kenali Tanda-tanda Gangguan Sirkulasi

aterosklerosis, atau pengerasan atau penyempitan arteri, mengakibatkan berkurangnya pedoman darah yang sanggup mengakibatkan serangan jantung, stroke dan kondisi lainnya. Jika Anda mengalami berkurangnya pedoman darah di anggota tubuh Anda, atau laki-laki yang mengalami disfungsi ereksi, Anda mungkin menderita penyakit arteri perifer (PAD). Jadwalkan investigasi kardiovaskular lengkap untuk memastikan darah Anda mengalir dengan bebas.

26. Kendalikan Kolesterol Anda

Simak panduan untuk nomor kolesterol sehat, yang dikeluarkan oleh The American Heart Association.

27. Jaga Agar Tekanan Darah Tetap Terkontrol

Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung, gagal jantung dan stroke. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui tingkat tekanan darah yang sempurna untuk Anda. (Baca pula: 6 Tanda-Tanda Sebulan Sebelum Serangan Jantung)

28. Mentaktisi Diabetes

Jika Anda salah satu dari jutaan orang Indonesia yang telah didiagnosis menderita diabetes, Anda sudah tahu bahwa Anda mempunyai risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi, peningkatan kolesterol dan tekanan darah. Dan kalau Anda seorang wanita, Anda berisiko lebih tinggi lagi. Mengontrol diabetes Anda melalui perubahan teladan makan dan gaya hidup, antara lain, yaitu kunci untuk mengendalikan diabetes Anda. Periksa kadar gula darah Anda sesuai petunjuk dokter dan mendapat cara terbaik untuk mengelola gula darah Anda.

Demikian tips gampang mempertahankan dan menjaga jantung semoga tetap sehat. Menjaga kesehatan jantung dimulai dengan sikap sehat, gaya hidup sehat dan mengetahui faktor risiko Anda. Dengan sejumlah tips di atas, kita semua sanggup menciptakan sebuah tindakan untuk menjadi lebih sadar akan gaya hidup serta fokus menjaga hati dan pikiran kita semoga tetap hidup dengan cara yang lebih sehat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

0 Response to "28 Tips Gampang Menjaga Jantung Biar Tetap Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel