-->

Mencegah Pengambilalihan Sebelum Proses Pengambilalihan Terjadi



Corporate charter mengacu kepada aturan tata kelola perusahaan. Perusahaan umumnya mengamandemen corporate charter untuk membuat akuisisi menjadi lebih sulit.

Classified board. Dalam unclassified board of director, pemegang saham memilih seluruh komisaris dan direksi setiap tahunnya sedangkan dalam classified board hanya sebagian komisaris dan direksi yang dipilih setiap tahunnya. Classified board meningkatkan waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan yang akan mengambil alih untuk memperoleh bangku komisaris dan direksi secara secara umum dikuasai sehingga tidak dapat mengganti administrasi perusahaan target secara cepat.

Supermajority Provision. Corporate charter menentukan jumlah persentase voting shares yang dibutuhkan untuk menyetujui transaksi-transaksi perusahaan yang penting misalnya merjer, umumnya dua pertiga harus setuju. Provisi ini membuat akuisisi menjadi sulit.

Golden parachute. Istilah ini mengacu kepada paket remunasi yang sangat luar biasa besar yang diberikan kepada administrasi apabila terjadi pengambilalihan perusahaan. Golden parachute akan mencegah terjadinya pengambilalihan sebab meningkatkan biaya akuisisi.

Poison pills yakni strategi defensif yang modern yang dikembangkan oleh Martin Lipton di awal tahun 1980-an. Tidak ada definisi tunggal terkait dengan poison pills. Poison pills menimbulkan persentase kepemilikan perusahaan yang akan mengambil alih turun secara drastis di perusahaan target.

0 Response to "Mencegah Pengambilalihan Sebelum Proses Pengambilalihan Terjadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel