-->

Catatan Dalam Sistem Akuntansi Penggajian


Catatan Dalam Sistem Akuntansi Penggajian – Ini berkaitan dengan sejumlah catatan Akuntansi yang dipakai dalam pencatatan gaji. Catatan tersebut adalah:


a. Jurnal Umum

Dalam Pencatatan honor ini jurnal umum dipakai untuk mencatat distribusi biaya tenaga kerja ke dalam setiap departemen dalam perusahaan.

b. Kartu Harga Pokok Produk

Catatan ini dipakai untuk mencatat honor tenaga kerja pribadi yang dikeluarkan sebab pesanan tertentu.

c. Kartu Biaya

Catatan ini dipakai untuk mencatat biaya tenaga kerja tidak pribadi dan biaya tenaga kerja non produksi setiap departemen dalam perusahaan. Sumber info untuk pencatatan dala kartu biaya ini ialah bukti memorial. Kartu biaya sanggup memakai formulir rekening dengan debit melebar.

d. Kartu Penghasilan Karyawan

Catatan akuntansi penggajian berafiliasi dengan kartu penghasilan karyawan ini dipakai untuk mencatat penghasilan dan banyak sekali potongannya yang diterima oleh setiap karyawan. Infoemasi ini dipergunakan sebagai dasar perhitungan PPH pasal 21 yang menjadi beban setiap karyawan. Disamping itu, kartu penghasilan karyawan ini dipakai sebagai tanda terima honor karyawan dengan ditanda tangani kartu tersebut oleh karyawan yang bersangkutan. Dengan tanda tangan ini, setiap karyawan hanya mengetahui gajinya sendiri. Sehingga diam-diam penghasilan karyawan tertentu tidak diketahui oleh karyawan lainnya.

0 Response to "Catatan Dalam Sistem Akuntansi Penggajian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel