-->

Pengertian Sistem Isu Akuntansi


Pengertian Sistem Informasi Akuntansi - Salah satu sistem info diantara aneka macam sistem info yang dipakai administrasi dalam mengelola perusahaan yaitu sistem info akuntansi. Sebelumnya telah diuraikan pada pengertian akuntansi berdasarkan para ahli

Dalam bahasan ini, sistem info akuntansi yaitu kumpulan sumber daya menyerupai orang dan perlengkapan, yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya menjadi info (Bodnar dan Hopwood, 2004).

Penggunaan istilah sistem info akuntansi berdasarkan Bodnar dan Hopwood (2004) mempunyai cakupan yang antara lain meliputi siklus pemrosesan transaksi, penggunaan teknologi, dan pengembangan sistem informasi.

Dalam definisi lain, sistem info akuntansi berdasarkan Wilkinson dan Cerullo (2000: 7) dikatakan sebagai:
 Salah satu sistem info diantara aneka macam sistem info yang dipakai administrasi d Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
“a unified structure within in entity, such as a business firm, that employs physical resources and other components to transform economic data into accounting information, with the purpose of satisfying the information needs of a variety of users”.

Pengertian sistem info akuntansi berdasarkan Mulyadi (2001), merupakan organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan info keuangan yang dibutuhkan oleh administrasi untuk mengelola perusahaan. Tujuan utama dari penyusunan sistem info akuntansi yaitu menyediakan info akuntansi kepada aneka macam pihak pengguna baik pihak intern maupun pihak ekstern.

Tujuan penyusunan sistem info akuntansi berdasarkan Mulyadi (2001) sanggup dijabarkan sebagai berikut:
  1. Untuk menyediakan info bagi pengelola perjuangan baru. Kegiatan pengembangan sistem info akuntansi terjadi bila perusahaan gres didirikan atau suatu perusahaan membuat perjuangan gres yang berbeda dengan perjuangan yang dijalankan selama ini.
  2. Untuk meningkatkan kualitas info yang dihasilkan sistem yang sudah berjalan. Perkembangan perjuangan perusahaan berdasarkan sistem akuntansi untuk menghasilkan laporan dengan mutu info yang lebih baik dan sempurna dalam penyajiannya, dengan struktur info yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan manajemen.
  3. Memperbaiki pengendalian dan pengecekan intern. Akuntansi menjadi alat pertanggungjawaban kekayaan suatu organisasi. Pengembangan sistem info akuntansi seringkali ditujukan untuk memperbaiki santunan terhadap kekayaan organisasi sehingga pertanggung tanggapan terhadap pengguna kekayaan organisasi sanggup dilaksanakan dengan baik. Pengembangan sistem info akuntansi bertujuan untuk memperbaiki pengecekan intern biar info yang dihasilkan sanggup dipercaya.
  4. Untuk menekan biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi. Pengembangan sistem info akuntansi sering dipakai untuk menghemat biaya info yang merupakan barang ekonomi, sehingga untuk memperolehnya diharapkan pengorbanan sumber ekonomi lainnya.
Sedangkan komponen yang membangun sistem info akuntansi meliputi lima komponen (Romney dan Steinbart, 2003) yakni:
  1. Orang yang mengoperasikan sistem dan melakukan aneka macam macam fungsi.
  2. Prosedur manual dan otomatis, meliputi pengumpulan, pemrosesan dan penyimpanan data yang berkaitan dengan acara perusahaan.
  3. Data yang berkaitan dengan acara perusahaan.
  4. Software yang dipakai untuk memproses data perusahaan.
  5. Infrastruktur teknologi info yang meliputi komputer, alat komunikasi jaringan.
Demikian uraian pengertian sistem info akuntansi berdasarkan para hebat termasuk tujuan penyusunan dan komponen yang membangunnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Pengertian Sistem Isu Akuntansi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel