-->

Tujuan Pengukuran Kinerja Keuangan


Tujuan pengukuran kinerja keuangan penting untuk diketahui alasannya ialah pengukuran yang dilakukan sanggup mempengaruhi sikap pengambilan keputusan dalam perusahaan. Pengukuran kinerja keuangan suatu perusahaan tergantung pada sudut pandang yang diambil dan tujuan analisis. 


Karena alasan itu, pihak administrasi perusahaan sangat perlu menyesuaikan kondisi perusahaan dengan alat ukur evaluasi kinerja yang akan dipakai serta tujuan pengukuran kinerja keuangan tersebut.

Ada empat tujuan dilaksanakannya pengukuran kinerja keuangan perusahaan (Munawir (2004:31) yakni untuk:

  1. Mengetahui tingkat likuiditas, yaitu kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban keuangan yang harus segera diselesaikan pada ketika ditagih.
  2. Mengetahui tingkat solvabilitas, yaitu kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya apabila perusahaan tersebut dilikuidasi, kewajiban keuangan yang dimaksud meliputi keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.
  3. Mengetahui tingkat profitabilitas atau rentabilitas, yaitu kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan selama periode tertentu dengan memakai aktiva atau modal secara produktif.
  4. Mengetahui tingkat stabilitas, yaitu kemampuan perusahaan dalam menjalankan dan mempertahankan usahanya sehingga tetap stabil. Kemampuan yang dimaksud diukur dari kemampuan perusahaan membayar pokok hutang dan beban bunga sempurna pada waktunya.
Demikian empat tujuan pengukuran kinerja keuangan dan penjelasannya. Salah satu tujuan terpenting dalam pengukuran kinerja keuangan selain empat tujuan yang disebutkan di atas ialah untuk menilai apakah tujuan yang ditetapkan perusahaan telah tercapai, sehingga kepentingan investor, kreditor dan pemegang saham sanggup terpenuhi. 

Melakukan analisis laporan keuangan umumnya ditempuh sebagai pengukur kinerja keuangan perusahaan. Oleh alasannya ialah itu perlu dipahami pula: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan

0 Response to "Tujuan Pengukuran Kinerja Keuangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel