-->

Definisi Wirausaha Berdasarkan Para Ahli

Mengawali klarifikasi definisi wirausaha berdasarkan para ahli, perlu diketahui bahwa mengacu pada kamus besar bahasa indonesia, kata wirausaha semakna dengan kata wiraswasta.
Sedangkan segala perihal wiraswasta atau wirausaha dikenal dengan istilah kewiraswastaan dan mempunyai definisi yang sama dengan kewirausahaan sebagaimana telah diuraikan dalam artikel pengertian kewirausahaan berdasarkan para ahli.

Dalam kamus tersebut dinyatakan bahwa wirausaha/wiraswasta ialah orang yang bakir atau berbakat mengenali produk baru, memilih cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Definisi wirausaha berdasarkan para andal sanggup kami jabarkan sebagai berikut :

  • Wirausaha didefinisikan sebagai individual who takes risks and starts something new. Artinya, wirausaha ialah individu yang mengambil resiko dan mengawali sesuatu yang gres (Hisrich, 2005:8).
  • Wirausaha didefinisikan sebagai mereka yang selalu bekerja keras dan kreatif untuk mencari peluang bisnis, mendayagunakan peluang yang diperoleh, dan kemudian merekayasa penciptaan alternatif sebagai peluang bisnis gres dengan faktor keunggulan (Frinces, 2004: 11).
  • Menurut Joseph Schumpeter (1934), wirausaha ialah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi tersebut bisa dalam bentuk (1) memperkenalkan produk gres atau dengan kualitas baru, (2) memperkenalkan metoda produksi baru, (3) membuka pasar yang baru,(4) memperoleh sumber pasokan gres dari materi atau komponen baru, atau (5) menjalankan organisasi gres pada suatu industri. Schumpeter menghubungkan pengertian wirausaha dengan konsep penemuan yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya.
  • Wirausaha ialah orang yang kreatif dan inovatif serta bisa mewujudkanya untuk meningkatkan kesejahteraan diri, masyarakat dan lingkungan (Raymond,1995).
  • Wirausaha ialah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka perjuangan dalam aneka macam kesempatan (Kasmir, 2006)
  • Wirausaha ialah orang yang membuat bisnis gres dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai laba dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber daya yang diharapkan untuk mendirikannya (Zimmerer dan Scarborough, 2004:3-7).
  • Menurut Bygrave, wirausaha ialah the person who perceives an opportunity and creates an organization to persue it. Artinya, wirausaha ialah seorang yang melihat adanya peluang kemudian membuat sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang itu (H. Buchari Alma, 2004: 21).
Berdasarkan definisi wirausaha berdasarkan para ahli tersebut, sanggup diambil suatu definisi sederhana ihwal wirausaha yakni setiap orang yang memulai sesuatu bisnis baru, bisa memanfaatkan peluang dengan memakai waktu yang disertai modal dan resiko serta mendapatkan balas jasa.

Keberhasilan menjadi wirausaha selalu berawal dari impian. Namun tidak semua sanggup mewujudkan impiannya. Tergantung bagaimana mengarahkan harapan kita kepada kenyataan yang diharapkan. Orang yang sukses mewujudkan impiannya ialah orang yang sanggup menyelaraskan antara harapan dengan tindakan. Semoga menjadi wirausaha sukses!

  

0 Response to "Definisi Wirausaha Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel