-->

Tujuan Sosiologi Pendidikan Berdasarkan Para Ahli


Mengawali klarifikasi tujuan sosiologi pendidikan berdasarkan para ahli, Ary H. Gunawan dalam buku Sosiologi Pendidikan yang diterbitkan Renika Cipta, Jakarta 2000 mengulas pendapat sejumlah pakar bahwa tujuan pendidikan nasional harus bertolak dan sanggup dipulangkan kepada falsafah hidup bangsa tersebut.

Bertolak pada falsafah hidup bangsa, kita sanggup merujuk pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 3 disebutkan pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman, bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan diatas tentu menjadi tujuan umum setiap disiplin ilmu tidak terkecuali sosiologi pendidikan. Untuk itu berikut ini kami akan mengemukakan tujuan sosiologi pendidikan berdasarkan para ahli.

Menurut George S. Herrington mengemukakan lima tujuan sosiologi pendidikan, yaitu untuk :

  1. Memahami peraturan perihal penelitian dalam masyarakat dan sekolah sebagai instrumen dan faktor sosial atau kemajuan sosial yang mempengaruhi sekolah,
  2. Memahami ideologi yang demokratis kultur kita dan kecenderungan sosial dan ekonomi dalam hubungan dengan kedua distributor pendidikan baik formal maupun informal.
  3. Memahami kekuatan sosial imbas mereka atas individu.
  4. Kurikulum masyarakat
  5. Menggunakan teknik penelitian dan pemikiran kritis dalam rangka mencapai tujuan.
Abu Ahmadi dalam buku Sosiologi Pendidikan (Cetakan I, Jakarta : Rineka Cipta, 1991) menyampaikan tujuan sosiologi pendidikan di Indonesia yaitu untuk:
  1. Berusaha memahami peranan sosiologi dari acara sekolah terhadap masyarakat. Sekolah harus sanggup menjadi teladan di dalam masyarakat di sekitarnya, bahkan lebih luas atau perkataan lain mengadakan sosialisasi intlektual dalam memajukan kehidupan di masyarkat.
  2. Memahami seberapa jauh membina acara sosial penerima didiknya untuk menyebarkan keperibadiannya.
  3. Mengetahui training ideologi pancasila dan kebudayaan nasional Indonesia di lingkungan pendidikan dan pengajaran.
  4. Mengadakan integrasi kurikulum pendidikan masyarakat sekitarnya, semoga pendidikan mempunyai manfaat mudah dalam masyarakat
  5. Menyelidiki faktor-faktor kekuatan masyarakat.
  6. Memberi bantuan faktual bagi perkembangan ilmu pendidikan.
S. Nasution dalam buku Sosiologi Pendidikan (Cetakan II, Jakarta : Bumi Aksara,1999) menyampaikan bahwa ada 7 tujuan sosiologi pendidikan yaitu sebagai :
  1. Analisis Proses Sosialisasi; terkait hal ini, dipahami bahwa sosiologi pendidikan memperhatikan imbas keseluruhan lingkungan budaya sebagai daerah dan cara individu memperoleh dan mengorganisasikan pengalamannya (Francis Brown).
  2. Analisis Kedudukan Pendidikan Dalam Masyarakat; Tujuan ini dipertegas oleh L.A. Cook yang dalam ulasannya mengutamakan fungsi forum pendidikan di masyarakat serta menganalisis hubungan sosial antara sekolah dengan banyak sekali aspek masyarakat.
  3. Analisis Sosial Disekolah Dan Antara Sekolah Dengan Masyarakat; dalam hal ini mengupayakan menganalisis pola-pola interaksi sosial dan peranan sosial dalam masyarakat sekolah dan hubungan orang-orang didalam sekolah dengan kelompok terkait diluar sekolah.
  4. Alat Kemajuan Dan Perkembangan Sosial; sekolah dalam hal ini sanggup dijadikan alat kontrol sosial yang membawa kebudayaan ke puncak yang setinggi-tingginya.
  5. Dasar Menentukan Tujuan Pendidikan; sosiologi pendidikan dipandang oleh sejumlah hebat sebagai alat menganalisis tujuan pendidikan secara objektif dimana mencoba mencapai suatu filsafat pendidikan berdasarkan analisis masyarakat dan kebutuhan manusia.
  6. Sosiologi Terapan; menerapkan prinsip-prinsip sosiologi dalam disiplin ilmu lain sehingga lahir sosiologi ekonomi, sosiologi politik, dan lain-lain.
  7. Latihan Bagi Petugas Pendidikan;Sosiologi pendidikan bertujuan sebagai latihan bagi petugas pendidikan sehingga tidak hanya mempelajari masalah-masalah sosial dalam pendidikan melainkan juga tujuan pendidikan, materi kurikulum, pokok-pokok praktis, etis dan lain-lain.
Itulah tujuan sosiologi pendidikan secara umum dan tujuan sosiologi pendidikan berdasarkan para ahli. Definisi sosiologi pendidikan sanggup dibaca di pengertian sosiologi pendidikan berdasarkan para ahli. Semoga memberi manfaat.

0 Response to "Tujuan Sosiologi Pendidikan Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel