-->

Pengertian Komunikasi Bisnis Berdasarkan Para Ahli


Pengertian Komunikasi Bisnis - Dalam perjalanan organisasi bisnis, aspek komunikasi menjadi salah satu faktor penentu dalam tercapainya tujuan organisasi. Tentunya hal tersebut akan diraih kalau komunikasinya dilakukan secara efektif. Seorang pimpinan lazimnya memerintahkan atau memberi aba-aba pada bawahannya untuk
membuat surat pesanan barang, menjawab atau menciptakan surat pengaduan, surat edaran umum, kontrak kerjasama, menciptakan surat akhir dan sejenisnya merupakan hal yang rutin dalam dunia bisnis dan semuanya membutuhkan komunikasi.

Untuk memahami komunikasi bisnis secara utuh, berikut ini kami uraikan sejumlah pengertian komunikasi bisnis berdasarkan para hebat

Menurut Purwanto (2006:4), Pengertian komunikasi bisnis ialah komunikasi yang dipakai dalam dunia bisnis yang meliputi banyak sekali macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya, terdapat 2 bentuk dasar komunikasi dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. 
  • Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi untuk memberikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik tertulis (written) maupun verbal (oral). Komunikasi verbal ini mempunyai struktur teratur dan terorganisasi dengan baik, sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis sanggup tercapai dengan baik. Dalam dunia bisnis, beberapa pola komunikasi verbal yakni: penyampaian pesan melalui surat, memo, teknologi komunikasi modern, rapat pimpinan, briefing kepada karyawan, wawancara kerja, dan presentasi, dan lain-lain.
  • Komunikasi Nonverbal. Berdasarkan teori antropologi, sebelum insan memakai kata-kata, mereka telah memakai komunikasi nonverbal dalam gerakan-gerakan tubuh, bahasa badan (body language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Contoh sederhana komunikasi nonverbal : perilaku seseorang yang secara impulsif mengerutkan dahi, raut muka yang berubah, atau mata berkedip-kedip tanpa disengaja dan tak pernah direncanakan sebelumnya. Contoh lainnya, disaat Anda memperoleh kabar bahwa anak kesayangan anda satu-satunya mendapat penghargaan sebagai juara pertama dalam lomba tingkat nasional atau internasional! Bagaimana reaksi anda pada ketika itu? Senang bercampur haru, Atau melihat ekspresi wajah rekan Anda yang menghadapi masalah, kesusahan maupun mereka yang bahagia atau gembira.
Menurut Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.

Menurut Rosenbaltt (1982:7), pengertian komunikasi bisnis dikemukakan dalam pernyataan: Business Communication are purposive interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the like, presented personally or impersonally by symbols or signal as attain the goals of the organizations (Komunikasi Bisnis merupakan pertukaran ide, opini, informasi, aba-aba dan sejenisnya, yang disajikan secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan)

Menurut Persing (1981:108); Business communication may be defined as the spiraling process of the transaction of meanings through symbolic action involving all elements associated with sending and receiving written, oral, and nonverbal messages internal to organizations of paid people working together to produce and market goods and services for profit (Komunikasi bisnis sanggup didefinisikan sebagai proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur yang berafiliasi dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bahu-membahu memproduksi dan memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan)

Menurut Curtis (1992:6), Komunikasi bisnis ialah komunikasi dalam organisasi bisnis yang ditujukan untuk menuntaskan problem dan menciptakan keputusan. Menurutnya, semakin tinggi kedudukan seseorang dalam bisnis, ia akan semakin bergantung pada keahlian seseorang dalam menciptakan keputusan dan memecahkan problem untuk suatu keberhasilan.


Simak pula: 


Demikian beberapa pengertian komunikasi bisnis berdasarkan para ahli. Kita sanggup saja menciptakan definisi yang lebih sederhana dengan tetap berpatokan pada sejumlah pengertian tersebut. Sebagai suplemen referensi, baca pula artikel terkait lainnya di blog ini.




0 Response to "Pengertian Komunikasi Bisnis Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel