-->

Pengertian Bank

Dalam menguraikan pengertian bank, uraiannya dibagi dalam dua pandangan, yaitu berdasarkan bahasa (etimologi) dan berdasarkan istilah (terminologi).

a. Pengertian Bank berdasarkan bahasa


Menurut bahasa (etimologi), bank berasal dari kata Italia "banco" yang artinya "bangku". Bangku ini dipakai pegawai bank untuk melayani acara operasinya kepada para penabung. Kemudian penggunaannya lebih diperluas untuk memperlihatkan meja daerah penukaran uang yang dipakai para pemberi dukungan dan para pedagang mata uang di Eropa pada Abad Pertengahan untuk memperlihatkan uang mereka. Istilah kursi semakin terkenal dan hasilnya secara resmi menjadi bank.
 

b. Pengertian Bank berdasarkan istilah
 

Secara istilah atau terminologi, ada beberapa definisi atau pengertian bank yang dikemukakan para pakar sesuai dengan tahap perkembangan bank itu sendiri.
  1. Pengertian Bank berdasarkan G. M. Verryn Stuart, Bank is a company who satisfied other people by giving a credit with the money they accept as a gamble to the other, even though they should supply the new money. (Bank ialah tubuh perjuangan yang diwujudkan untuk memuaskan keperluan orang lain dengan memperlihatkan kredit berupa uang yang diterimanya dari orang lain sekalipun dengan Cara mengeluarkan uang gres kertas). Berdasarkan pengertian ini, bank melaksanakan acara pasif dan aktif yaitu mengumpulkan dana dari masyarakat yang kelebihan dana (surplus spending unit-SSU) dan menyalurkan kredit kepada masyarakat yang memerlukan dana (deficit spending unit-DSU).
  2. B. N. Ajuha mengemukakan pengertian bank sebagai berikut: Bank provided means by which capital is transferred from those who cannot use it profitable to those who can use its productivity for the society as whole. Bank provided which channel to invest without any risk and at agood rate of interest. (Bank menyalurkan modal dari mereka yang tidak sanggup memakai secara produktif kepada mereka yang sanggup membuatnya lebih produktif untuk laba masyarakat. Bank juga berarti kanal untuk menyimpan tabungan secara amen dan dengan tingkat bungs yang menarik).
  3. Kasmir menguraikan pengertian bank sebagai forum keuangan yang acara utamanya ialah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat serta memperlihatkan pelayanan bank lainnya.
  4. Malayu S. P. Hasibuan mendefinisikan bank sebagai forum keuangan, pencipta uang, pengumpul dana dan penyalur kredit, pelaksana urusan pembayaran, stabilisasi moneter (keuangan), serta dinamisasi pertumbuhan perekonomian. Malayu S. P. Hasibuan menjelaskan lebih lanjut bahwa bank sebagai forum keuangan berarti bank ialah tubuh perjuangan yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan (financial assets) serta bermotifkan laba dan social, bukan hanya mencari laba saja.
  5. Menurut David H. Friedman, pengertian bank ialah sebagai mediator keuangan antara penabung dengan peminjam, yaitu mendapatkan uang yang hendak ditabung, lalu meminjamkannya kepada konsumen, pengusaha dan pemerintah yang memerlukan dana pinjaman.
  6. Thomas Suyatno dalam bukunya Kelembagaan perbankan, bank didefinisikan sebagai suatubadan yang kiprah utamanya menghimpun uang dari pihak ketiga. Sedangkan definisi lain mengatakan, bank ialah suatu tubuh yang kiprah utamanya sebagai mediator untuk menyalurkan penawaran dan undangan kredit pada masa yang ditentukan.
  7. A. Abdurrachman dalam Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan, sebagaimana yang dikutip Thomas Suyatno menjelaskan bahwa "bank ialah suatu jenis forum keuangan yang melaksanakan aneka macam jenis pelayanan menyerupai memperlihatkan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai daerah penyimpanan benda-benda berharga, membiayai perjuangan perusahaan-perusahaan, dan lain-lain.
  8. Secara formal, pengertian bank di Indonesia disebutkan dalam beberapa peraturan perundangan yang berlaku. Menurut UU No. 14/ 1967, bank ialah forum keuangan yang perjuangan pokoknya ialah memperlihatkan kredit dan pelayanan dalam urusan pembayaran dan peredaran uang. UU No.14/1967 telah terhapus dengan terbentuknya UU No.7/ 1992. Dalam UU No.7/1992 antara lain disebutkan bahwa bank ialah tubuh perjuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Definisi bank di sini tampak lebih sempit dibandingkan dengan definisi berdasarkan UU No.14/1967 alasannya ialah tidak meliputi pelayanan dalam urusan pembayaran dan peredaran uang. la kelihatan menyerupai fungsi bank terbatas untuk mendapatkan dan memperlihatkan kredit. Ini berarti definisi itu kurang memenuhi perkembangan perjuangan bank pada tahap yang modern. UU No.7/1992 telah diubah dan disempurnakan dengan UU No.10/1998. Dalam UU No.10/1998 Pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa bank ialah tubuh perjuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup kebanyakan rakyat.
Dari uraian beberapa pengertian Bank di atas, ada beberapa kesimpulan:
  1. Pengertian bank telah mengalami evolusi sesuai dengan tahap perkembangan bank itu sendiri.
  2. Fungsi bank pada umumnya ialah (1) mendapatkan aneka macam bentuk simpanan dari masyarakat; (2) memperlihatkan kredit, baik bersumberkan dari dana masyarakat maupun berdasarkan atas kemampuannya untuk membuat nasabah barn; (3) memperlihatkan pelayanan dalam urusan pembayaran dan peredaran uang. Sejauh. Mana fungsi ini sanggup dilaksanakan bergantungkepada jenis dan lapangan perjuangan bank yang bersangkutan, di camping harus mengikuti peraturan perundangan yang berlaku; dan (4) dalam acara dan operasinya, terutama dalam penyaluran dana, bank seharusnya tidak semata-mata memperoleh laba saja tetapi juga berorientasi pada upaya dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Prinsip ini yang harus menjadi janji bagi bank dalam kegiatan operasionalnya.
Demikian uraian pengertian bank berdasarkan bahasa dan berdasarkan istilah. Sejumlah pengertian tersebut kiranya cukup menjadi referensi untuk membuat definisi sesuai dengan pemahaman dan redaksi bahasa masing-masing.

0 Response to "Pengertian Bank"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel