-->

Tips Berguru Bahasa Inggris Untuk Karyawan Sibuk


Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Karyawan Sibuk



Keterampilan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan di dunia kerja, terutama di perusahaan asing. Sebagai karyawan, Anda perlu mempunyai keterampilan berbahasa Inggris supaya sanggup bersaing di tempat kerja. Seorang karyawan yang menguasai bahasa Inggris merupakan aset yang berharga untuk perusahaan.

Namun, di tengah kesibukan yang begitu padat bagaimana Anda bisa meluangkan waktu untuk berguru bahasa Inggris secara otodidak? Tentu ini menjadi sebuah permasalahan baru. Jangankan untuk belajar, waktu untuk menuntaskan pekerjaan kantor saja sering kurang.
Nah, bagaimana caranya supaya bisa berguru bahasa Inggris secara belajar sendiri walaupun kerjaan menumpuk? Jangan khawatir, 12 tips berikut ini bisa Anda coba.

1. Dengarkan lagu atau tonton video bahasa Inggris ketika istirahat jam kantor

Lagu merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Benny Lewis, seorang polyglot mengungkap berbagai manfaat mendengarkan lagu berbahasa Inggris, salah satunya memperbanyak kosakata dan kemampuan mendengarkan. Tidak hanya itu, ikut bernyanyi dengan Bahasa Inggris menciptakan Anda melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.
Hal ini sangat baik Anda lakukan ketika jam istirahat kantor. Setiap lagu biasanya berdurasi 3 sampai 5 menit. Atur waktu istirahat Anda supaya sanggup mendengarkan lebih dari satu lagu atau video bahasa Inggris favorit Anda, contohnya di video dari Youtube.

2. Selipkan kata-kata dalam bahasa Inggris ketika mencatat

Jika Anda termasuk karyawan yang rajin mencatat ketika pelatihan atau kegiatan lain di kantor, Anda perlu mengikuti satu tips ini. Gunakan beberapa kosakata bahasa Inggris dalam catatan Anda. Jangan terlalu memikirkan spelling atau ejaan yang benar, yang penting Anda tulis saja dulu kata-kata tersebut.
Saat jam istirahat kantor, Anda bisa gunakan beberapa menit untuk mengecek spelling yang benar dalam Kamus Bahasa Inggris. Cara ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menulis.

3. Selipkan sesekali bahasa Inggris dalam percakapan di kantor

Melakukan percakapan dengan orang lain yakni cara yang ampuh untuk berguru bahasa Inggris secara otodidak. Sesibuk apapun Anda di kantor, niscaya Anda punya waktu walaupun hanya sebentar untuk bercakap dengan rekan kerja. Gunakan waktu emas tersebut untuk bercakap dalam bahasa Inggris.
Jangan pernah malu untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris. Jika Anda salah dalam mengucapkan sebuah kata, tidak masalah. Toh, Anda sedang belajar. Makara Anda bisa berguru pula dari kesalahan tersebut.

4. Menggunakan bahasa Inggris ketika presentasi

Selain dalam dialog ringan, tidak ada salahnya Anda melatih komunikasi formal dalam bahasa Inggris. Entah hanya sekedar memberi salam atau bertanya apakah peserta mengerti presentasi Anda dengan mengajukan pertanyaan, “Do you have any question?
Dengan melatih komunikasi dalam Bahasa Inggris di kantor, hal ini akan menciptakan Anda lebih semangat bekerja dan mempelajari bahasa Inggris lantaran Anda memakai bahasa tersebut dalam keseharian, baik itu formal maupun non formal.

5. Ajukan acara “English Day” kepada perusahaan

Sebuah program sanggup meningkatkan kemampuan dan keterampilan Anda. Selain menciptakan acara berguru untuk diri sendiri, Anda pun sanggup mengajukan sebuah acara yang berkaitan dengan bahasa Inggris kepada perusahaan Anda. Misalnya “English Day” ialah dalam satu hari tertentu semua karyawan wajib memakai bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari.
Ide tersebut tentu akan disambut baik oleh atasan Anda, jikalau Anda mengajukannya dengan penjelasan-penjelasan yang logis dan bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan. Tentu hal ini akan menggembirakan atasan lantaran Anda termasuk karyawan yang peduli dengan perkembangan perusahaan.

6. Gabung di komunitas berguru bahasa Inggris online

Di tengah kesibukan Anda yang begitu padat, luangkanlah waktu untuk bergabung di komunitas berguru bahasa Inggris online. Jika Anda membaca artikel ini, tentu Anda termasuk karyawan yang suka online dan mencari sumber dari internet. Nah, gabung di komunitas berguru bahasa Inggris online memperluas interaksi Anda dengan lebih banyak orang yang tertarik bahasa tersebut.
Anda sanggup memperkenalkan diri, mengajukan pertanyaan atau membahas topik menarik dalam Bahasa Inggris. Di samping itu, Anda akan menambah pergaulan dengan orang-orang di seluruh dunia. Makara cari komunitas berguru bahasa Inggris yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan penutur orisinil atau native speaker.

7. Bagaimanapun juga Anda perlu meluangkan waktu berguru di rumah

Tentu perlu pengorbanan dalam berguru bahasa Inggris tanpa kursus dan bisa secara otodidak. Nah, Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk berguru bahasa tersebut di rumah. Belajar di sini maksudnya tidak membaca buku pelajaran atau menghapal struktur kalimat bahasa Inggris (grammar), namun melibatkan anggota keluarga lainnya dalam percakapan bahasa Inggris di tempat tinggal Anda.
Makara lakukan hal-hal yang menyenangkan terkait bahasa Inggris yang sekaligus bisa menjadi kegiatan refreshing Anda di rumah sehabis seharian bekerja di kantor, seolah-olah bermain game atau membaca kisah lucu dalam bahasa Inggris.

8. Cari situs atau blog berguru bahasa Inggris gratis

Di internet ada banyak situs berguru bahasa Inggris gratis yang sanggup Anda manfaatkan di sela-sela kesibukan di kantor, seolah-olah BritichCouncil, ESLabout, VOAnews, EnglishCentral, NewsinLevel, dan TipsBelajarBahasaInggris.com.
Semua bahan Bahasa Inggris dalam situs-situs tersebut sanggup Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda. Bahkan materi-materi tersebut sanggup Anda salin atau download dan simpan di komputer Anda sehingga apabila dibutuhkan Anda bisa segera melihatnya.
Dalam situs berguru bahasa Inggris ini biasanya ada berita-berita dalam Bahasa Inggris. BBC juga telah menyediakan satu situs berguru bahasa Inggris yang menampilkan berita-berita dalam bahasa Inggris dan beberapa kata sulit di simpulan gesekan pena beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Dalam situs lain JokesinLevel, lawakan yang dikemas dalam berbagai level bisa Anda pilih dan baca.
Selain itu, sejumlah audio dan video juga tersedia supaya Anda terbiasa mendengarkan percakapan bule. Jadi, jangan hanya gunakan internat untuk mencari bahan kerjaan kantor saja, manfaatkanlah internet untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris Anda.

9. Bertanya kepada sobat sekantor yang andal bahasa Inggris

Perhatikan rekan kerja Anda. Adakah di antara mereka yang mempunyai kemampuan yang lebih dalam bahasa Inggris? Atau mungkin atasan Anda telah andal berbahasa Inggris?
Nah, bertanyalah kepada mereka wacana apa saja terkait bahasa Inggris. Bertanya kepada rekan kerja atau orang yang lebih andal bahasa Inggris akan memberi Anda pengetahuan yang lebih banyak.
Lakukan diskusi kecil dan singkat dengan mereka. Diskusi-diskusi singkat ini bisa jadi memberi semangat Anda untuk lebih menggali materi-materi bahasa Inggris lantaran Anda telah mempunyai rekan belajar. Namun, jikalau Anda tidak mempunyai sobat diskusi di kantor, Anda bisa mencarinya di luar kantor atau di lingkungan tempat tinggal Anda.

10. Menyenangi yakni kunci sukses bisa berbahasa Inggris

Akan lebih baik jikalau Anda berguru bahasa Inggris dengan perasaan senang. Mengapa? Karena berguru Bahasa Inggris itu seolah-olah berguru naik sepeda. Sesekali atau bahkan seringkali Anda akan mengalami kesulitan dalam mengucapkan sebuah kata atau kalimat, menciptakan kalimat yang benar, atau mengekspresikan apapun yang ada di kepala Anda. Jika Anda tidak mempunyai modal senang, Anda akan gampang menyerah lantaran merasa Anda sudah bau tanah atau tidak bisa untuk berguru lagi.
Bagaimana jikalau Anda belum menyenangi bahasa Inggris? Anda harus memilih tujuan mengapa Anda berguru bahasa Inggris. Pikirkan manfaat dan hal-hal menyenangkan yang akan Anda peroleh sehabis menguasai bahasa ini. Dengan begitu Anda akan memaksa diri untuk menyenangi berguru bahasa Inggris. Lama-lama Anda percaya diri Anda meningkat dan terbiasa untuk menikmati proses berguru tersebut.

11. Sabar dalam proses berguru bahasa Inggris

Selain menyenanginya, Anda harus memupuk kesabaran yang tinggi dalam proses berguru ini. Menguasai bahasa Inggris secara otodidak, tanpa guru les atau kursus bukanlah hal yang tidak mungkin asalkan Anda tabah dalam berproses. Kemampuan berbahasa Inggris tidak serta merta Anda peroleh sehabis satu hari belajar. Anda perlu menikmati proses jatuh berdiri dalam kesulitan berguru dan tetap tabah dalam mencari jalan keluar.
Banyak orang yang mengaku telah meluangkan waktu banyak untuk berguru namun belum bisa juga, sampai karenanya mereka menyerah dengan keadaan. Kesabaran sangat penting sehingga Anda bisa melalui setiap level dengan baik dan tanpa terbebani. Dan pada karenanya Anda akan merasakan buah elok dari kesabaran Anda.

12. Berlatihlah secara konsisten dan terus menerus

Ini yakni tips yang terakhir dan bisa menjadi pondasi yang besar lengan berkuasa untuk menciptakan Anda sampai pada tujuan menguasai bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris tidak hanya dilakukan sewaktu-waktu saja, apalagi kalau menunggu mood yang mengagumkan untuk mulai belajar. Anda tidak akan pernah menemukan mood yang mengagumkan kecuali Anda menciptakan mood tersebut. Memang perlu pemaksaan untuk mengawali sesuatu supaya menjadi sebuah kebiasaan. Begitu pula untuk berguru bahasa Inggris.
Tapi pemaksaan itu akan menjadi sebuah kebiasaan sehabis melakukannya secara konsisten dan terus-menerus selama 21 hari atau 3 minggu. Selanjutnya, akan gila rasanya jikalau Anda tidak memakai bahasa Inggris dalam satu hari saja lantaran sudah menjadi kebiasaan. Ala bisa lantaran biasa.
Untuk menguasai bahasa Inggris secara otodidak, Anda perlu melaksanakan usaha-usaha yang sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan setelahnya. Sesibuk apa pun Anda, aturlah waktu sehingga Anda bisa meluangkan beberapa menit untuk sekedar bercakap, menulis, membaca atau mendengarkan lagu bahasa Inggris.
Jika Anda serius dan tekun, tentu Anda akan segera mahir. Masalah kapan Anda bisa, itu semua tergantung seberapa besar niat dan sejauh mana perjuangan Anda dalam berguru bahasa Inggris.

0 Response to "Tips Berguru Bahasa Inggris Untuk Karyawan Sibuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel