-->

Pengertian, Tujuan & Target Perjuangan Kesehatan Sekolah (Uks)

 yaitu  perjuangan kesehatan  masyarakat  yang  dijalakan  di sekolah Pengertian, Tujuan & Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu perjuangan kesehatan masyarakat yang dijalakan di sekolah-sekolah, dengan target belum dewasa sekolah dan lingkungannya. Usaha membina dan membuatkan kebiasaan hidup sehat dilakukan secara terpadu, baik melalui jadwal pendidikan di sekolah melalui mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang sanggup yang sanggup dilaksanakan dalam acara kurikuler (intrakulikuler dan ekstrakulikuler), maupun melalui usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka training dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan akseptor didik dengan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi mereka yang sehat maupun yang mengalami kecelakaan, Drajat Martianto (2005:1) mengatakan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu upaya pelayanan kesehatan yang terdapat di sekolah yang bertujuan menangani anak didik yang mengalami kecelakaan ringan (upaya pertolongan pertama pada kecelakaan/P3K), melayani kesehatan dasar bagi anak didik selama sekolah (pemberian imunisasi), memantau pertumbuhan dan status gizi anak didik.

Usaha Kesehatan Sekolah ialah Usaha Kesehatan Masyarakat yang dijalankan disekolah-sekolah dengan akseptor didik beserta lingkungan hidupnya sebagai target utama, Sonja Poernomo (1976:16).

Jadi saya sanggup menyimpulkan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencan, terarah, dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan,mengembangkan dan membimbing untuk menghayati, menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidugpan akseptor didik sehari-hari.

Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah

Dalam upaya peningkatan derajat kesehatan siswa tentunya harus dirumuskan wacana tujuan dari pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang ingin dicapai. Departemen Kesehatan (2006:3) menjelaskan bahwa tujuan umum dari UKS yaitu meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi mencar ilmu akseptor didik dengan meningkatkan sikap hidup higienis dan sehat serta derajat kesehatan akseptor didik maupun warga belajar, dan membuat lingkungan sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang serasi dan optimal dalam rangka pembentukan insan Indonesia Seutuhnya.

Menurut Sriawan (2010:25), tujuan pelayanan kesehatan disekolah yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan melaksanakan tindakan hidup sehat, dalam rangka membentuk sikap hidup sehat. Juga untuk meningkatkan daya tahan badan terhadap penyakit dan mencegah terjadinya penyakit, kelainan dan cacat.

Sedangkan berdasarkan pendapat Drajat Martianto (2005:3) Tujuan UKS yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi mencar ilmu akseptor didik dengan meningkatkan sikap hidup higienis dan sehat dan derajat kesehatan akseptor didik maupun warga mencar ilmu serta membuat lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang serasi dan optimal dalam rangka pembentukan insan seutuhnya.

Meningkatkan kemampuan dan keterampilan melaksanakan tindakan hidup sehat dalam rangka membentuk sikap hidup sehat serta meningkatnya daya tahan badan akseptor didik terhadap penyakit dan mencegah terjadinya penyakit, kelainan, dan cacat. Menghentikan proses penyakit dan pencegahan akhir penyakit/kelainan, pengambilan fungsi dan peningkatan kemampuan akseptor didik yang cedera/cacat sanggup berfungsi optimal.

Jadi, tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan, prestasi mencar ilmu akseptor didik, dan produktivitas akseptor didik dalam berprestasi mencar ilmu dan meningkatkan sikap hidup higienis dan sehat serta derajat kesehatan akseptor didik maupun warga mencar ilmu dan membuat lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang serasi dan optimal dalam rangka pembentukan insan Indonesia seutuhnya.

Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah

Menurut Mu’rifah (2007:8.4) target dari UKS yaitu masyarakat sekolah yang terdiri dari akseptor didik, guru dan petugas sekolah lainnya. Sekolah yang dimaksud yaitu semua sekolah dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga tingkat atas atau SMA.

Drajat Martianto (2005:4) menuturkan: Sasaran pelaksanaan UKS yaitu akseptor didik di sekolah/satuan pendidikan luar sekolah, Guru, Pamong Pelajar, Pengelolaan Pendidikan lainnya, Pengelola Kesehatan, dan masyarakat. Untuk itu training dan pengembangan UKS di Sekolah/Satuan Pendidikan Luar Sekolah dilaksanakan melalui tiga jadwal pokok yang meliputi:
  1. Pendidikan Kesehatan.
  2. Pelayanan Kesehatan.
  3. Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat (Kesehatan Lingkungan di Sekolah).
Demikian uraian pengertian perjuangan kesehatan sekolah dan tujuan pelaksanaan serta target perjuangan kesehatan sekolah. Prioritas pelaksanaan jadwal UKS diberikan pada Sekolah Dasar, mengingat bahwa usia SD merupakan usia yang rawan dan dalam masa pertumbuhan sehingga perlu upaya pendidikan kesehatan, dan pelayanan kesehatan untuk membiasakan sikap hidup sehat sebagai dasar pada jenjang pendidikan selanjutnya.
 

0 Response to "Pengertian, Tujuan & Target Perjuangan Kesehatan Sekolah (Uks)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel