-->

Memahami Manfaat Menangis

Cukup banyak hal yang sanggup menimbulkan orang menangis Memahami Manfaat Menangis Adakah Manfaat Menangis? Cukup banyak hal yang sanggup menimbulkan orang menangis. Bisa jadi lantaran di PHK, disakiti sahabatnya, atau mungkin kawasan tinggalnya yang kena gusuran, ada yang tak kuasa menahan rasa sakit lantaran penyakit yang dideritanya, bahkan lantaran terharu atau bahagia pun, air mata sanggup saja keluar sebagaimana orang yang menangis.

Dalam buku Adult Crying A Biopsychosocial Approach yang ditulis oleh Ad J.J.M. Vingerhoets dan Randolph R.Cornelius menjelaskan bahwa tangisan sanggup mengungkapkan banyak hal dalam waktu singkat. Banyak diantara kita tidak bisa membisu saja jikalau mendengar atau melihat seseorang menangis lantaran sedih. Tangisan itu menciptakan kita tahu bahwa ia sedang menderita, sehingga kita akan berupaya menghibur atau membantu. Kali ini kami akan aneka macam mengenai manfaat menangis bagi kesehatan maupun manfaat dari aspek agama.
Manfaat Menangis Dari Segi Kesehatan
  • Membunuh bakteri. Di dalam air mata ada cairan atau enzim yang disebut enzim lysozyme Cairan ini mempunyai kekuatan 90-95 persen dan sanggup membunuh basil yang sanggup saja tertinggal di mata lantaran acara sehari-hari hanya dalam 5-10 menit. Fakta ini diperkuat oleh temuan William Frey, mahir biokimia dari Ramsey Medical Center yang melaksanakan penelitian perihal air mata. Dalam kesimpulannya, ia menemukan bahwa air mata yang keluar jawaban menangis lantaran emosional ternyata mengandung racun. Terbuangnya racun tersebut berdampak positif bagi kemampuan mata untuk melihat lantaran pandangan kabur yang biasa terjadi banyak disebabkan lantaran kelembaban mata yang kurang.
  • Mengurangi stress. Selain membuang racun, air mata juga mengeluarkan hormon yang disebut hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Hormon ini yaitu hormon yang menimbulkan tinggi rendahnya tingkat stress. Keluarnya hormon ini melalui air mata berakibat pada menurunnya level atau tingkatan stress. Oleh lantaran itu, walaupun menangis tidak sanggup menuntaskan persoalan yang sedang dihadapi, namun dengan menangis sanggup menimbulkan perasaan lebih lega sehingga sanggup berpikir lebih jernih dibanding sebelum menangis.
Manfaat Menangis Dalam Tinjauan Agama
  1. Menggapai Kecintaan Allah. Sabda Nabi SAW: “Orang yang menangis lantaran takut kepada Allah akan mendapat keberuntungan dengan memperoleh kecintaan Allah atas mereka. Rasullullah bersabda : “Tidak ada yang lebih dicintai Allah daripada dua tetes dan dua bekas : yaitu tetesan air mata lantaran takut kepada Allah, dan tetesan darah yang tumpah di jalan allah. Adapun dua bekas yaitu bekas di jalan Allah, dan bekas dalam menjalankan apa-apa yang diwajibkan oleh Allah.” (HR. At-Tirmidzi)
  2. Mendapat naungan pada hari kiamat. Rasul bersabda : “Ada 7 golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya yaitu (1) Imam/pemimpin yang adil (2) cowok yang tumbuh dalam ibadah kepada Rabb-Nya, (3) seseorang yang hatinya terkait dengan masjid, (4) dua orang yang saling menyayangi lantaran Allah (5) seorang pria yang dibujuk oleh perempuan yang mempunyai kedudukan lagi berparas cantik, kemudian ia berkata ‘Sesungguhnya saya takut kepada Allah', (6) Seseorang yang bershadaqah secara sembunyi-sembunyi sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan melalui tangan kanannya, dan (7) Seseorang yang menyendiri untuk mengingat Allah, kemudian berlinanglah air matanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Tidak akan tersentuh api neraka. “Dua mata, yang keduanya tidak akan tersentuh api Neraka yakni (1) Mata yang menangis lantaran takut kepada Allah dan (2) Mata yang dimalam hari berjaga-jaga (dari musuh) di jalan Allah.” (HR. At-Tirmidzi)
  4. Tergolong orang-orang yang selamat. Seorang sobat Nabi SAW bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah an-Najaah (keselamatan) itu” Maka dia bersabda : “Kendalikan lidahmu, hendaknya rumahmu meluaskanmu, dan menangislah atas kesalahan-kesalahanmu.” (HR. At-Tirmidzi)
  5. Meneladani para Nabi. Menangis lantaran takut kepada Allah SWT kelak mendapat potongan dari meneladani para Nabi. Firman Allah SWT: “Mereka itu yaitu orang-orang yang telah diberi kenikmatan oleh Allah, yakni para Nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah kami beri petunjuk dan kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam : 58)
Demikian manfaat menangis dalam tinjauan kesehatan dan agama. Sayang jikalau kita hanya gampang menangis jikalau yang ditangisi yaitu hal-hal duniawi. Sekalipun masuk akal dan bermanfaat dari segi kesehatan, namun melatih diri untuk lebih peka dan menangis lantaran rasa takut kepada Allah SWT akan memberi manfaat ganda yakni manfaat di dunia maupun di alam abadi kelak. Amiin.

0 Response to "Memahami Manfaat Menangis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel