-->

Tujuan Perusahaan Untuk Memaksimalkan Kekayaan Pemegang Saham


Tujuan Perusahaan Untuk Memaksimalkan Kekayaan Pemegang Saham

Pengukuran  kinerja  suatu perusahaan  yang  bertujuan memakmurkan  para  pemegang  saham dapat  digunakan  tiga  metoda  alternatif, yaitu (Koch & McDonald, 2000 : 169) :
1.             Analisis  profitabilitas  dari segmen/lini dari perusahaan, merupakan merupakan indikator  yang sangat penting diperhatikan  untuk  mengetahui sejauhmana  investasi  yang  akan dilakukan  investor    di  suatu  perusahaan mampu  memberikan  return  yang  sesuai dengan tingkat yang disyaratkan investor.
2.             Economic Value Added, merupakan tujuan korporat untuk meningkatkan nilai (value) dari modal (capital) yang investor dan  pemegang  saham  telah  tanamkan dalam  operasi  usaha  dan  merupakan selisih  dari  laba  operasi  bersih  setelah pajak  dikurangi  dengan  biaya modal  (cost  of  capital),  disamping  itu pula  EVA  juga  dapat  digunakan  sebagai indikator  tentang  adanya  penambahan nilai  dari  suatu  investasi.
3.             Balance ScoreCardDalam  suatu  bisnis  yang bertujuan  memaksimumkan  kekayaan para  pemiliknya,  ditunjukkan  dengan dinamika  dan  hubungan  dari  tiga keputusan  manajemen  dasar,  yaitu  : keputusan  investasi,  keputusan  operasi dan  keputusan  pendanaan.  (Helfert, 2000:1).

Meskipun  tujuan  perusahaan sangat  kompleks,  sebuah  studi  yang dilakukan  oleh  Robert  Lanzillotti menyatakan bahwa administrasi umumnya membahas mengenai :
1.             Profitabilitas jangka panjang
2.             Stabilitas 

Selain itu, Manajer keuangan di perusahaan membuat keputusan untuk kepentingan pemegang saham. Pemegang saham membeli saham perusahaan untuk memperoleh keuntungan yaitu dividen dan Capital gain.


  1. Oleh alasannya yakni itu tujuan perusahaan yakni memaksimalkan kekayaan pemegang saham dengan cara memaksimalkan harga saham perusahaan.
  2. Pemegang saham yakni pemilik sisa (residual owner) di perusahaan. Mereka akan memperoleh sesuatu dari perusahaan dalam urutan simpulan setelah pegawai, pemasok, dan kreditur sehingga apabila kekayaan pemegang saham meningkat berarti kekayaan pihak lainnya dalam perusahaan juga meningkat.

0 Response to "Tujuan Perusahaan Untuk Memaksimalkan Kekayaan Pemegang Saham"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel