-->

Metode Kritis


Teori-teori kritik berupaya memahami kondisi sosial yang tertindas (marginalized groups) dan bertindak (melakukan advokasi) mengatasi kekuatan-kekuatan yang menindas, dalam rangka mempromosikan emansipasi wanita dan partisipasi masyarakat secara lebih bebas (Foss dan Littlejohn, 2005: 46-47)

Teori kritis hanya menyampaikan tindakan (advokasi) untuk mengatasi kekuatan-kekuatan yang menindas, tetapi tidak disertai dengan pengetahuan wacana langkah-langkah advokasinya (Setiawan, 2011:18).

Analisis wacana kritis dari pemikiran Norman Fairclough. Fairclough menggunakan wacana menunjuk pada pemakaian bahasa sebagai praktik sosial, lebih daripada acara individu. Selain itu, Fairclough juga membangun suatu model yang mengintegrasikan secara bersama analisis wacana yang didasarkan pada linguistik serta pada fatwa sosial-politik, atau secara umum diintegrasikan pada perubahan sosial. Oleh alasannya yakni itu, metode ini kerap kali disebut sebagai model perubahan sosial (social change) (Setiawan, 2011:19).

Metode penelitian kritis justru menempatkan insan sebagai sekumpulan subyek yang aktif dalam membentuk dunia mereka sendiri yang didasarkan pada dialog antar subyek (peneliti dengan pelaku), bukan sekedar observasi dan eksperimen yang menipu rakyat. Teori kritis menurut Anderson, secara sadar berkeinginan untuk membebaskan insan dari konsep-konsep yang secara ideologis beku dari kenyataan dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat dilakukan (Jailani, 2012:10).

Teori kritis secara tegas menolak pandangan bahwa insan dan masyarakat dapat dipahami melalui anggapan dasar dan metode ilmu alam yang dilihat bahwa sebagai insan tidak kreatif dalam berfikir dan bertindak (Jailani, 2012:11).

Mazhab Frankfrut telah berkonstribusi besar dalam membangun dan menyebarkan pengetahuan terutama dalam bidang sosiologi, meskipun dan perjalanannya Mazhab ini mengkritik sosiologi itu sendiri (Akrom, 2012:7).



0 Response to "Metode Kritis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel