Definisi Harga Berdasarkan Para Ahli
Untuk memahami pengertian atau definisi harga berdasarkan para ahli, perlu dipahami bahwa persoalan harga selalu bekerjasama antara penjual dan pembeli baik produk maupun jasa. Melalui harga dan pembayaran akan sanggup menutupi biaya produksinya dan memilih kelangsungan hidup bisnis atau perusahaan.
Begitu pula dengan pembeli, akan mempertimbangkan harga, alasannya ialah berkaitan dengan jumlah uang yang harus dikorbankan untuk memperoleh atau menikmati suatu produk atau jasa,
Untuk lebih jelasnya berikut ini penulis mengemukakan beberapa pengertian harga berdasarkan para ahli.
Untuk lebih jelasnya berikut ini penulis mengemukakan beberapa pengertian harga berdasarkan para ahli.
- Harga ialah sejumlah uang sebagai alat tukar untuk memperoleh produk atau jasa (Djasmin Saladin, 2001:95)
- Harga merupakan jumlah uang (ditambah beberapa produk jika mungkin) yang diharapkan untuk mendapat sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya (Basu Swastha & Irawan, 2005:241)
- Harga ialah nilai suatu barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang”. (Buchari Alma, 2002 : 125)
- Harga ialah sejumlah uang yang dibebankan atau dikeluarkan atas sebuah produk atau jasa (Henry Simamora, 2002 : 74)
Dari sejumlah definisi harga berdasarkan para jago diatas sanggup diambil kesimpulan bahwa harga merupakan sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen sebagai alat ganti atau tukar untuk mendapat sejumlah barang atau manfaat serta pelayanan dari produk atau jasa yang akan didapat oleh konsumen tersebut. Harga juga sanggup dikatakan sebagai penentu nilai suatu produk atau jasa.
Keberhasilan kegiatan suatu perusahaan tergantung dari ketetapanya dalam memadukan komponen-komponen bauran jasa atau produknya. Walaupun akhir-akhir ini faktor non harga sudah menjadi semakin penting dalam proses pembelian namun persoalan harga jual masih menjadi salah satu unsur penting dalam memilih pangsa pasar dan tingkat laba perusahaan.
Baca pula: Definisi Saham dan Obligasi Menurut Para Ahli
Suatu perusahaan supaya sanggup berhasil dalam memasarkan barang atau jasa harusnya lebih dulu memilih harga yang tepat. Penetapan harga yang tidak sempurna akan menimbulkan pembeli tidak tertarik membeli barang atau jasa tersebut. Harga merupakan satu-satunya elemen bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan sedangkan elemen-elemen lainnya (produk, distribusi, promosi) mengakibatkan biaya. Disamping itu harga merupakan unsur bauran pemasaran yang bersifat fleksibel.
Penetapan suatu tingkat harga bagi konsumen intinya merupakan gagasan yang didorong oleh perkembangan perdagangan dan umumnya disebabkan oleh jenis produk atau jasa. Harga sering menjadi faktor penentu dalam pembelian dan tidak menutup kemungkinan faktor-faktor lain juga sanggup menjadi faktor penentuan dalam pembelian.
Demikian uraian perihal definisi harga berdasarkan para ahli serta klarifikasi singkat perihal pentingnya penetapan harga yang sempurna demi keberhasilan pemasaran suatu produk atau jasa. Semoga memberi manfaat.
Keberhasilan kegiatan suatu perusahaan tergantung dari ketetapanya dalam memadukan komponen-komponen bauran jasa atau produknya. Walaupun akhir-akhir ini faktor non harga sudah menjadi semakin penting dalam proses pembelian namun persoalan harga jual masih menjadi salah satu unsur penting dalam memilih pangsa pasar dan tingkat laba perusahaan.
Baca pula: Definisi Saham dan Obligasi Menurut Para Ahli
Suatu perusahaan supaya sanggup berhasil dalam memasarkan barang atau jasa harusnya lebih dulu memilih harga yang tepat. Penetapan harga yang tidak sempurna akan menimbulkan pembeli tidak tertarik membeli barang atau jasa tersebut. Harga merupakan satu-satunya elemen bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan sedangkan elemen-elemen lainnya (produk, distribusi, promosi) mengakibatkan biaya. Disamping itu harga merupakan unsur bauran pemasaran yang bersifat fleksibel.
Penetapan suatu tingkat harga bagi konsumen intinya merupakan gagasan yang didorong oleh perkembangan perdagangan dan umumnya disebabkan oleh jenis produk atau jasa. Harga sering menjadi faktor penentu dalam pembelian dan tidak menutup kemungkinan faktor-faktor lain juga sanggup menjadi faktor penentuan dalam pembelian.
Demikian uraian perihal definisi harga berdasarkan para ahli serta klarifikasi singkat perihal pentingnya penetapan harga yang sempurna demi keberhasilan pemasaran suatu produk atau jasa. Semoga memberi manfaat.
0 Response to "Definisi Harga Berdasarkan Para Ahli"
Post a Comment